7 Jurusan Kuliah IPS Prospek Kerja Bagus di Era 5.0, Ada Prodi Tujuanmu?

Kamis, 08 Februari 2024 - 08:35 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah IPS Prospek Kerja Bagus di Era 5.0, Ada Prodi Tujuanmu?
Sedikitnya ada tujuh jurusan kuliah IPS yang punya prospek kerja bagus di era 5.0. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh jurusan kuliah IPS yang punya prospek kerja bagus di era 5.0. Informasi ini perlu diketahui para calon mahasiswa baru supaya dapat memilih jurusan yang tepat.

Era 5.0 merupakan era baru yang menitikberatkan pada integrasi teknologi canggih seperti AI, maupun teknologi robotik. Kemunculannya ini akan memunculkan sektor-sektor pekerjaan baru yang dapat diisi nantinya.

Kebanyakan sektor pekerjaan tersebut diperkirakan akan banyak berkutat dalam hal teknis, yang dimana peran lulusan teknik atau IPA sangat dibutuhkan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus di Era 5.0 yang Bisa Jadi Rekomendasi

Namun bagi lulusan IPS jangan berkecil hati, Karena akan selalu ada peluang pekerjaan besar di era 5.0 untuk beberapa jurusan kuliah IPS ini.

7 Jurusan Kuliah IPS Prospek Kerja Bagus di Era 5.0

1. Keuangan Digital


Beberapa kampus seperti, Universitas Trisakti, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Katolik Parahyangan telah menyediakan jurusan ini untuk menyongsong masa depan di era 5.0.

Pada dasarnya jurusan Jurusan financial technology (Fintech) adalah bidang ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi di bidang keuangan dalam aktivitas finansial, mulai dari transaksi, pinjaman, investasi, permodalan, dan lainnya.

2. Kewirausahaan Teknologi


Berwirausaha selalu bisa jadi jalan terbaik untuk meniti karier, namun untuk mempersiapkan diri sebagai pengusaha yang ada di masa depan baiknya juga membekali ilmu dengan berbagai perkembangan teknologi yang akan muncul.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah S2 yang Paling Diincar BUMN, dari Manajemen hingga Ilmu Komputer

Jurusan kuliah kewirausahaan teknologi sendiri telah tersedia di Universitas Telkom, Universitas Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

3. Akuntansi


Bisa dibilang jika seorang akuntan akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan manapun. Dengan pesatnya perkembangan teknologi di masa depan bahkan bisa menyokong seorang akuntan supaya dapat bekerja dengan lebih mudah.

Meski begitu persaingan untuk masuk ke jurusan ini cukup sulit karena punya passing grade tinggi. Mengingat prodi ini memang memiliki prospek kerja yang bagus.

4. Hukum


Dengan perkembangan teknologi yang pesat, persoalan hukum di masa depan juga bisa dibilang akan semakin rumit. Hal ini membuat lulusan jurusan hukum akan punya banyak lahan pekerjaan.

Lulusan hukum akan sangat dibutuhkan sebab banyaknya persoalan hukum yang terjadi di setiap keseharian. Alumni hukum juga sangat dibutuhkan bagi sejumlah perusahaan.

5. Manajemen dan Bisnis


Alumni Manajemen Bisnis bisa dibilang sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan dan dapat ditempatkan di posisi mana saja yang berkaitan dengan pengelolaan SDM atau produk.

Lulusan Manajemen Bisnis juga terkenal fleksibel karena memiliki kemampuan manajemen, marketing, keuangan, hingga statistik ekonomi.

6. Ilmu Komunikasi


Jurusan Ilmu Komunikasi selain mempelajari tentang proses komunikasi efektif juga mempelajari berbagai hal, seperti marketing, fotografi, desain grafis, hingga sinematografi.

Membuat peluang kerja lulusan Ilmu Komunikasi terbilang besar di era trend teknologi yang terus menerus berkembang.

7. Psikologi


Terakhir ada jurusan Psikologi yang juga akan punya kesempatan kerja besar di era 5.0. Salah satu peluang kerja terbesar bagi lulusan Psikologi adalah menjadi seorang psikolog.

Mengingat di era perkembangan teknologi, akan mulai banyak orang-orang yang melakukan penyesuaian diri. Bagi orang yang punya kesulitan dalam penyesuaian diri ini kemungkinan akan mulai mengalami masalah mental. Dari situlah sosok psikolog akan berperan besar.

Itulah tujuh jurusan kuliah IPS yang punya prospek bagus di era 5.0. Bagi calon mahasiswa, memilih jurusan yang punya prospek bagus di masa depan pastinya jadi prioritas utama, namun sebaiknya tetap harus mempertimbangkan kemampuan diri yang dimiliki.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)