15 Jurusan Kuliah S1 yang Alumninya Banyak Dicari Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 11:16 WIB
loading...
15 Jurusan Kuliah S1 yang Alumninya Banyak Dicari Perusahaan BUMN, Ini Daftarnya
Salah satu jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah alumni jurusan Akuntansi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 15 jurusan kuliah yang alumninya banyak dicari perusahaan BUMN . Berkarier di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi impian banyak orang. Gaji besar menjadi salah satu daya Tarik utama bekerja di perusahaan plat merah menjadi incaran banyak lulusan perguruan tinggi

Tidak semua lulusan perguruan tinggi dibutuhkan perusahaan BUMN. Hanya alumni yang memenuhi kualifikasi yang berpeluang besar diterima di BUMN. Artikel kali ini akan membahas 15 jurusan kuliah yang lulusannya dicari perusahaan BUMN, apa saja? Simak uraiannya berikut ini!

15 Jurusan Kuliah S1 yang Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan BUMN


1. Akuntansi


Jurusan ini termasuk yang banyak dicari anak usaha BUMN. Semua perusahaan pasti membutuhkan lulusan akuntansi untuk membantu perusahaan mengatur keuangan. Jadi, jurusan ini bisa dipilih siswa SMA saat SNBP atau SNBT 2024.

2. Teknik Informatika


Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat lulusan jurusan Teknik Informatika banyak dicari perusahaan milik BUMN. Tujuannya, agar dapat memaksimalkan program-program, website, dan aplikasi perusahaan.

Beberapa BUMN yang membutuhkan staf dalam bidang IT ini di antaranya, PT Jasa Marga, Industri Kereta Api (INKA), dan bank milik negara seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

3. Sistem Informasi


Sistem Informasi juga memiliki job desk yang sangat penting di perusahaan. Sistem Informasi akan berfokus pada pengelolaan informasi untuk mendukung operasional bisnis.

4. Ilmu Hukum

Setiap perusahaan memiliki bidang legal dan hukum yang mengurusi kepentingan terkait produk dan keputusan hukum. Karena itu, posisi legal di banyak perusahaan BUMN sangat dibutuhkan. Untuk itu, lulusan Ilmu Hukum dari berbagai peminatan selalu dicari, salah satunya di PT Jasa Marga (Persero) Tbk atau PT RNI.


5. Ilmu Komunikasi

Mengapa jurusan Ilmu Komunikasi banyak dicari perusahaan BUMN? Karena mereka bertugas sebagai pengelola branding dan image perusahaan kepada masyarakat. Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi untuk mengisi posisi Hubungan Masyarakat atau Public Relation.

6. Psikologi


Salah satu posisi di BUMN seperti HRD atau SDM membutuhkan lulusan Jurusan Psikologi. Kamu akan bekerja untuk menyaring SDM yang kompeten bagi kemajuan perusahaan serta mendampingi pekerja untuk mengatasi masalah pribadi yang bisa menghambat kinerja mereka. BUMN yang membuka lowongan untuk jurusan ini adalah PT Kimia Farma (Persero) Tbk, Perum Perhutani, dan masih banyak lagi.

7.Teknik Sipil


Teknik sipil juga menjadi jurusan yang banyak dicari perusahaan BUMN. Contohnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Bank BRI, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan masih banyak lagi.

8. Teknik Mesin


Perusahaan BUMN juga membutuhkan lulusan Teknik Mesin untuk mengatasi persoalan berkaitan dengan teknologi, termasuk ikut mengembangkan berbagai macam teknologi di perusahaan terkait.

9. Teknik Industri


Lulusan teknik Industri dibutuhkan beberapa BUMN, seperti PT Pertamina (Persero), Waskita Karya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, dan masih banyak lainnya.

10. Manajemen


Lulusan manajemen diperlukan banyak perusahaan BUMN untuk mengelola atau mengatur perusahaan, termasuk membuat rencana jangka panjang.

11. Ilmu Komputer


Lulusan Ilmu Komputer banyak dicari perusahaan BUMN, karena hampir semua perusahaan sudah terdigitalisasi. Karena itu, untuk mengoperasikan berbagai perangkat milik perusahaan membutuhkan lulusan ilmu komputer.

12. Perpajakan


Perpajakan menjadi jurusan paling laris, karena kebutuhan setiap perusahaan BUMN pasti berkaitan dengan pajak. Untuk itu, memilih jurusan ini saat akan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) akan membantu kamu berpeluang lebih besar masuk ke BUMN.

13. Ekonomi dan Bisnis


Hampir semua perusahaan BUMN, seperti KAI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Kimia Farma, dan Bank BRI. Alasan jurusan Ekonomi dan Bisnis banyak dicari, karena lulusan jurusan ini diminta untuk bisa mengelola keuangan perusahaan.

14. Kimia


Perusahaan milik BUMN yang membutuhkan lulusan Kimia, yakni PT Bio Farma (Perseroo), Kimia Farma, dan lainnya.

15. Statistika


Lulusan statistika bisa berprofesi sebagai analis kontrol kualitas, analis riset pasar, spesialis pemasaran, dan posisi lainnya di perusahaan mana saja, termasuk BUMN.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)