3 Mahasiswa Vokasi UI Raih Juara Dua Ajang Lomba Nasional

Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:39 WIB
loading...
3 Mahasiswa Vokasi UI Raih Juara Dua Ajang Lomba Nasional
Tim Unstoppable yang berhasil meraih Juara Dua dalam Ajang Kompetisi Marketing Plan yang diselenggarakan oleh PT Emina Cheese Indonesia. Foto/Ist
A A A
DEPOK - Mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) berhasil meraih juara dalam ajang kompetisi nasional yang dilakukan secara daring pada Juli 2020. Mahasiswa tersebut adalah Yessicha Ramadhanisya, Khalda Fadhilah, Rani Damayanti, dari program studi (prodi) Hubungan Masyarakat (Humas) yang tergabung dalam tim Unstoppable, dan Lianti Damena Putri Sion Sihombing.

Unstoppable berhasil meraih Juara Dua dalam Ajang Kompetisi Marketing Plan yang diselenggarakan oleh PT Emina Cheese Indonesia, sedangkan Lianti berhasil memperoleh Juara Dua dalam Lomba Esai Nasional dengan tema Dampak COVID-19 yang diselenggarakan oleh Korps HMI Wati Komisariat Syariah dan Hukum Cabang Kabupaten Bandung.

Meskipun di tengah pandemi COVID-19 saat ini, tidak memutus semangat mahasiswa Vokasi UI untuk menorehkan prestasi dan mengimplementasikan keilmuan yang diterima semasa perkuliahan. Kompetisi Marketing Plan tersebut merupakan kompetisi yang digelar bagi mahasiswa D3 – S1 dengan jurusan/fakultas Manajemen, Ekonomi, Bisnis, Komunikasi, Manajemen Komunikasi, Marketing Communication. Kompetisi diselenggarakan secara daring yang dimulai pada 14 – 27 Juli 2020. (Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Buku Praktek Pendidikan Tinggi di Masa COVID-19 )

Salah satu perwakilan tim Unstoppable, Yessicha menuturkan, kompetisi ini memberikan tantangan tersendiri bagi mereka. Karena mereka berkompetisi tidak hanya antar mahasiswa D3, melainkan juga mahasiswa S1. “Kami membulatkan tekad untuk berjuang memanfaatkan ilmu yang telah kami peroleh di Vokasi UI – khususnya mengimplementasikan mata kuliah Integrated Marketing Communication, Marketing Public Relations dan Digital Marketing,” katanya, Kamis (13/8/2020).

Terkait rancangan proposal bisnis yang dibuat oleh Tim Unstoppable, Yessicha menambahkan, dia dan tim mengajukan sebuah marketing plan program untuk meningkatkan awareness melalui program brand activation berupa 5A, yaitu Awareness, Appeal, Ask, Action, dan Advocate. “Sejumlah program yang kami ajukan bertujuan untuk meningkatkan organic influencers, Happiness Delight Machine, Photo Competition, Duta Produk, Tik Tok Dance Challenge, Social Media Ads, Atl (TV dan Radio), Viu Ads, Video Ads, Spotify Ads, Email Blast dan Press Release Dissemination. Dalam proses appeal, kami menyasar program SEO, Social Media activation dan Product Tester. Selain itu kami juga merekomendasikan aktivasi Marketplace Official Shop dan Customer Relationship Management, Flash sale market place,” paparnya.

Pada prestasi berikutnya, Lianti merupakan mahasiswa program studi Manajemen Rekod dan Arsip Vokasi UI berhasil memenangkan juara kedua melalui tulisannya yang bertajuk “Peningkatan Sikap Individualisme Generasi Milenial Perkotaan di Tengah-Tengah Kehidupan Keluarga pada Saat Pandemi COVID-19”. Perlombaan ini terbuka bagi mahasiswa D3, D4 dan S1 dari perguruan tinggi di Indonesia. (Baca juga: Kemendikbud Ingin Perbanyak SMK di Kawasan Industri )

Lianti menjelaskan, esai ini sangat erat hubungannya dengan kehidupan generasi milenial perkotaan saat ini. Berdasarkan temuan/riset yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi & Informasi Informatika tentang Perilaku Anak dan Remaja dalam menggunakan internet, intensitas hubungan yang sangat tinggi dengan media sosial atau alat teknologi lainnya membuat generasi milenial memiliki kepedulian rendah terhadap kehidupan keluarga.

Sikap ini berdampak pada tingkat solidaritas yang menurun dan semakin sulit untuk membantu orang lain saat pandemi COVID-19. “Berangkat dari studi tersebut, saya mengembangkan tulisan esai ini untuk mengajak agar generasi milenial dapat menggunakan waktu dengan lebih produktif. Dalam esai tersebut, saya juga mengajak generasi muda untuk menanamkan sikap solidaritas sosial, setelah pandemi COVID-19 mereka dapat saling membantu memecahkan masalah perekonomian atau sosial bersama,” katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4955 seconds (0.1#10.140)