Kabar Baik, Beasiswa PIP Madrasah Rp900 Miliar Cair Minggu Kedua Februari 2024

Rabu, 14 Februari 2024 - 15:52 WIB
loading...
Kabar Baik, Beasiswa PIP Madrasah Rp900 Miliar Cair Minggu Kedua Februari 2024
Pemerintah akan segera mencairkan dana Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa madrasah senilai Rp900 miliar. Foto/NU Online.
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan segera mencairkan dana Program Indonesia Pintar (PIP) untuk siswa madrasah . Pada tahap I, beasiswa senilai Rp900 miliar itu akan cair di minggu kedua Februari 2024.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), M. Sidik Sisdiyanto mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk PIP Madrasah sebesar Rp.1.302.009.650.000.

Baca juga: Cegah Siswa Putus Sekolah, Begini Cara Daftar PIP 2024 Jenjang SMA dan SMK

Jumlah tersebut terdiri atas Rp422 miliar untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp558 miliar untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 320 miliar untuk siswa Madrasah Aliyah (MA).

Dia menjelaskan, anggaran tersebut akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama dicairkan pada minggu kedua Februari 2024, sebesar Rp900 miliar.

“Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya, PIP Madrasah secara nominal mengalami kenaikan untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang semula hanya 1 juta per siswa saat ini menjadi 1,8 juta per siswa," katanya dikutip dari laman Kemenag, Rabu (14/2/2024).

Baca juga: Kabar Gembira, Bantuan Dana PIP 2024 SMA-SMK Naik Jadi Rp1,8 Juta

"Kami sangat memahami bahwa meskipun anggaran ini besar, namun belum mampu untuk menjangkau seluruh peserta didik yang telah memenuhi kriteria penerima PIP,” tambahnya.

Dia menjelaskan, Kemenag akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain terkait penambahan anggaran sehingga mampu mengakomodir seluruh peserta didik madrasah yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur di dalam ketentuan yang berlaku.

Untuk proses penyaluran PIP, Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan Madrasah diminta berkoordinasi dengan pihak Bank Penyalur. Sinergi bertujuan untuk memberikan memberikan asistensi dan juga akses yang mudah dan efisien kepada seluruh peserta didik terkait dengan pencairan anggaran PIP.

“Jangan sampai ada praktik pungli yang terjadi terkait dengan PIP ini di lapangan. Ini adalah program yang sangat mulia bagi bangsa ini. Oleh sebab itu, laksanakan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh sebagai bagian dari pengabdian kepada agama, nusa dan bangsa sekaligus," ujarnya.

"Dengan demikian apapun yang kita lakukan bernilai ibadah dan berkonsekwensi pahala kelak di akhirat,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)