10 Jurusan S1 Tanpa Matematika yang Bisa Jadi Referensi Daftar SNBP 2024

Jum'at, 16 Februari 2024 - 06:44 WIB
loading...
10 Jurusan S1 Tanpa Matematika yang Bisa Jadi Referensi Daftar SNBP 2024
Jurusan di bawah rumpun Ilmu Budaya menjadi salah satu jurusan non matematika yang bisa dijadikan referensi untuk mendaftar SNBP 2024 bagi mereka yang kurang menyukai pelajaran hitungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan jenjang S1 tanpa matematika yang bisa dijadikan referensi mendaftar SNBP 2024. Pendaftaran SNBP 2024 telah dibuka sejak 14 Februari hingga 28 Februari 2024. SNBP 2024 dapat diikuti oleh peserta lulusan SMA, SMK, Sederajat yang memiliki nilai akademik dan prestasi yang baik

Salah satu hal yang perlu diperhatikan di SNBP adalah kecermatan dan ketelitian memilih jurusan atau program studi. Ketepatan memilih jurusan akan menentukan masa depan nantinya, begitu sebaliknya kesalahan dalam memilih jurusan bisa berakibat fatal.

Dirangkum dari unggahan quipeer.com, artikel kali ini khusus membahas jurusan jenjang sarjana (S1) tanpa matematika yang bisa jadi acuan mendaftar SNBP 2024, simak ya!

10 Jurusan Kuliah S1 Non Matematika untuk Referensi Daftar SNBP 2024


1. Sastra dan Bahasa


Jurusan Sastra dan Bahasa mempelajari berbagai jenis sastra, seperti puisi, prosa, dan drama menggunakan tata bahasa, kosa kata, dan struktur bahasa. Jurusan ini tidak memiliki pembelajaran Matematika karena pusat terfokus pendalaman kemampuan membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa yang baik dan benar.

Contoh PTN yang menyediakan jurusan bahasa dan sastra, antara lain Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)


Jurusan DKV tidak berfokus pada hitungan Matematika karena lebih mempelajari tentang keterampilan visual dan komunikasi dalam segi digitalisasi misalnya desain grafis, fotografi, komunikasi pemasaran, animasi, dan multimedia.

Contoh PTN yang menyediakan jurusan DKV, antara lain Institut Teknologi Bandung, Institut Kesenian Jakarta, dan Universitas Sebelas Maret.

3. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi


Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena fokus pembelajaran tentang teori olahraga, strategi pengajaran, metode olahraga, sampai kesehatan fisik dan mental. Contoh PTN yang menyediakan jurusan Pendidikan, Jasmani, dan Kesehatan, antara lain Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Semarang.

4. Seni Rupa


Jurusan ini tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena fokus terhadap materi pengembangan keterampilan, kreativitas, teknik, dan media dalam membuat karya seni visual seperti lukisan, patung, instalasi, dan sebagainya sehingga dapat dipresentasikan kepada publik.

Contoh PTN yang menyediakan jurusan Seni Rupa, misalnya, Institut Teknologi Bandung, Institut Kesenian Jakarta, dan Institut Seni Indonesia Denpasar.


5. Seni Musik


Jurusan ini tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena lebih terfokus pada pembelajaran teori musikal dan artistik serta mengembangkan kreativitas dan kepekaan dalam seni musik.

Contoh PTN yang menyediakan jurusan Seni Musik, misalnya, Institut Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Malang.

6. Ilmu Hukum


Jurusan Ilmu Hukum juga tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena lebih terfokus pada sistem hukum dan peraturan yang mempengaruhi masyarakat, misalnya hukum pidana, hukum bisnis, hukum internasional, hukum konstitusi, dan lainnya.

PTN yang menyediakan jurusan Ilmu Hukum, antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, dan Universitas Padjadjaran.

7. Ilmu Komunikasi


Ilmu Komunikasi juga tidak memiliki unsur pelajaran Matematika karena fokus pembelajaran tentang komunikasi serta keterampilan-keterampilan dalam mengelola informasi dan berkomunikasi secara efektif.

PTN yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi, antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia.

8. Ilmu Politik


Jurusan ini mempelajari fenomena politik dalam masyarakat, termasuk sistem politik, partisipasi politik, konflik politik, kebijakan publik, hubungan internasional, dan lain sebagainya.

Contohnya PTN yang menyediakan jurusan Ilmu Politik, misalnya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran.

9. Arkeologi


Jurusan Arkeologi mempelajari sejarah manusia melalui penelitian terhadap benda-benda yang ditinggalkan oleh peradaban masa lalu. Contohnya PTN yang menyediakan jurusan Arkeologi, misalnya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Udayana, Universitas Hasanuddin, Universitas Halu Oleo

10. Antropologi


Jurusan ini mempelajari tentang pengkajian tentang cara manusia bertindak, berpikir, dan berinteraksi di masyarakat dalam lingkup agama, bahasa, politik, ekonomi, kesenian dan sebagainya. PTN yang menyediakan jurusan Antropologi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjadjaran.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)