Mau Jadi Dokter Tanaman? Ini Jurusan Kuliah yang Bisa Kamu Pilih

Minggu, 18 Februari 2024 - 13:55 WIB
loading...
Mau Jadi Dokter Tanaman? Ini Jurusan Kuliah yang Bisa Kamu Pilih
Prospek jurusan kuliah Proteksi Tanaman salah satunya bisa menjadi dokter tanaman. Foto/MPI/Ali Masduki.
A A A
JAKARTA - Prospek jurusan kuliah Proteksi Tanaman salah satunya bisa menjadi 'dokter' tanaman. Jurusan ini bisa ditemukan di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta.

Jurusan kuliah Proteksi Tanaman mungkin belum terdengar familiar di banding program studi lainnya. Meski begitu ini adalah salah satu jurusan dengan peluang kerja bagus .

Salah satu kampus penyedia prodi ini adalah di Fakultas Pertanian IPB University, calon mahasiswa bisa menjadi ‘dokter’ tanaman yang siap menjawab permasalahan yang dihadapi dunia pertanian saat ini.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Hukum, dari Advokat hingga Konsultan

Sebagai negara agraris, dokter atau ahli tanaman akan selalu dan semakin dibutuhkan untuk memitigasi berbagai permasalahan hama dan penyakit tanaman. Maka dari itu, prospek kerja di bidang proteksi tanaman secara keseluruhan amat sangat menjanjikan.

Prinsip Pembelajaran


Di sini, mahasiswa akan diberikan kompetensi baik teori dan praktik mengenai entomologi pertanian, fitopatologi, dan teknologi proteksi tanaman. Mahasiswa juga dituntut untuk mengerti cara pengambilan kebijakan pertanian dan mampu menerapkan keilmuannya di lapangan dari hulu ke hilir.

Selain itu, mahasiswa didorong untuk mampu menghasilkan sains dan inovasi proteksi tanaman yang ramah lingkungan untuk memelihara keseimbangan agroekosistem.

Lulusannya juga ditekankan untuk menciptakan teknologi perlindungan tanaman yang adaptif dengan perkembangan teknologi terkini untuk mendukung kemandirian pangan dan memperbaiki kehidupan manusia. Jadi, lulusan prodi ini sudah terbukti, tanaman saja dijaga, apalagi yang lainnya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Akuakultur, Prospek Kerjanya Luas dan Kuliah Bisa Sambil Healing

Saat ini, Prodi Proteksi Tanaman IPB University mendapatkan predikat ‘Unggul’ di level nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). selain itu prodi ini juga sudah memiliki akreditasi internasional dari The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Jurusan yang Mendukung Ketahanan Pangan


Mahasiswa Proteksi Tanaman IPB University Andika Hisyam Mahendra mengungkapkan alasannya memilih prodi ini. Alumnus SMAN 10 Bandung itu menyukai ilmu mikrobiologi pada tanaman, khususnya berhubungan dengan kesehatan tanaman.

“Alhamdulillah selama berkuliah di Prodi Proteksi Tanaman IPB, saya mendapatkan ilmu yang saya harapkan dalam dunia penyakit tanaman untuk mengembangkan pertanian ramah lingkungan dengan membentuk biopestisida yang dapat mendukung indeks ketahanan pangan ke depannya,” katanya, melalui siaran pers, Minggu (18/2/2024)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)