Desain Interior, Jurusan yang Punya Segudang Prospek Kerja Menarik

Senin, 19 Februari 2024 - 11:17 WIB
loading...
Desain Interior, Jurusan yang Punya Segudang Prospek Kerja Menarik
(Foto: dok UPH)
A A A
JAKARTA - Kamu suka dengan dekorasi ruangan yang indah dan nyaman? Atau pernah ke toko furnitur dan mengagumi desain-desain di sana? Itu semua adalah salah satu bentuk hasil kerja dari seorang desainer interior.

Estetika dari suatu interior merupakan hal yang sering dijumpai dalam keseharian kita, baik itu di rumah, sekolah, kantor, kafe, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang menyukai dekorasi serta menata ruangan dengan desain yang indah, desain interior dapat menjadi pilihan tepat saat kamu akan memilih jurusan di jenjang pendidikan tinggi.

Desain interior adalah jurusan yang mempelajari tata letak serta dekorasi untuk memaksimalkan fungsi dan memperindah suatu ruangan.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari ruang, garis, bentuk, tekstur, pola, proporsi dan skala, warna, serta pencahayaan agar tata letak dan dekorasi pada sebuah ruangan bisa efektif dan efisien. Bahkan, aspek estetika atau keindahan sebagai kebutuhan psikis manusia juga merupakan hal yang penting di dalam ilmu ini.

Nah, lulusan desain interior juga memiliki prospek karier menarik yang beragam, lho. Penasaran ada apa saja? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Desainer Interior

Lulusan desain interior dapat bekerja sebagai desainer interior yang bertugas untuk merancang dan memperindah ruang dalam berbagai konteks, termasuk rumah, bangunan komersial, perhotelan, kesehatan, dan hiburan. Mereka bertanggung jawab untuk mengintegrasikan terkait estetika dan fungsi, serta kebutuhan klien dalam merancang ruang yang efektif dan menarik.

2. Konsultan Desain Interior

Sebagai konsultan desain interior, lulusan dapat memberikan saran kepada klien tentang bagaimana memperbaiki dan meningkatkan tampilan, serta fungsi suatu ruang. Mereka dapat merekomendasikan tentang pemilihan furnitur, pencahayaan, warna dan tekstur, hingga pengaturan ruang yang optimal.

3. Spesialis Desain Ruang Komersial
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1277 seconds (0.1#10.140)