8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penyuka Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Senin, 19 Februari 2024 - 13:49 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penyuka Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa dan Sastra menjadi salah satu jurusan kuliah di perguruan tinggi yang cocok bagi penyuka mata pelajaran Bahasa Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 8 jurusan kuliah yang cocok untuk penyuka pelajaran Bahasa Indonesia . Pelajaran Bahasa Indonesia masuk dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Banyak yang menyebut bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang prospektif di masa depan. Benarkah?

Terlepas dari urusan prospek di masa depan, para penyuka mata pelajaran Bahasa Indonesia sebenarnya memiliki pilihan banyak jurusan kuliah yang bisa diperdalam saat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jurusan apa saja? Artikel kali ini akan membahas daftar jurusan kuliah yang cocok untuk penyuka mata pelajaran Bahasa Indonesia

8 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Penyuka Pelajaran Bahasa Indonesia


1. Ilmu Komunikasi


Ilmu Komunikasi merupakan bidang penelitian yang sangat luas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari komunikasi. Oleh karena itu, program studi ini menyajikan berbagai macam materi yang akan dipelajari.

Jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya berfokus pada cara efektif menyampaikan pesan, tetapi juga mempelajari pemanfaatan teknologi terkini. Mirip dengan Ilmu Bahasa, jurusan ini mengeksplorasi proses penyampaian pesan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Sastra dan Bahasa


Bagi mereka yang gemar berbahasa Indonesia, program studi Bahasa dan Sastra merupakan opsi yang menarik. Dengan penguasaan bahasa, lulusan program studi ini akan memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja.

3. Jurnalistik


Bagi mereka yang tertarik dalam dunia penyiaran dan ingin bekerja di bidang media, program studi Jurnalistik adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini membuka peluang untuk bekerja di stasiun TV, radio, surat kabar, dan berbagai media lainnya.

Di dalam program studi ini, kamu akan mempelajari teknik mencari berita, menulis, dan menyunting berita, serta cara mendistribusikannya melalui berbagai media. Selain itu, kamu juga akan mengembangkan keterampilan dalam mengambil foto dan mengumpulkan data dengan akurat, sehingga mampu menyusun laporan jurnalisme yang informatif.

4. Hubungan Internasional


Kemampuan berbahasa sangat berharga sebagai sarana komunikasi dalam dunia diplomasi dan untuk memahami budaya dari berbagai negara di seluruh dunia. Jika kamu tertarik dengan bidang tersebut, Jurusan Hubungan Internasional adalah pilihan yang tepat untuk kuliah nanti.


5. Sosiologi


Jika kamu tertarik dengan penelitian sosial dan ingin terlibat langsung dengan masyarakat di berbagai wilayah, Jurusan Sosiologi adalah pilihan yang tepat. Belajar dalam program studi ini akan membantu kamu memahami fenomena sosial secara ilmiah yang terjadi dalam masyarakat.

Meskipun Sosiologi mempelajari tentang masyarakat, program studi ini tidak hanya terbatas pada siswa dari bidang ilmu sosial, tetapi juga terbuka untuk siswa dari bidang bahasa.

6. Perhotelan dan Pariwisata


Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki latar belakang bahasa, karena akan berinteraksi dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda setiap harinya. Selain itu, kamu juga akan sering melakukan perjalanan dan berinteraksi dengan orang-orang baru serta belajar tentang budaya asing.

7. Antropologi


Antropologi adalah program studi yang mempelajari berbagai aspek kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, tidak hanya siswa dari latar belakang ilmu sosial saja yang dapat mengambil jurusan ini, tetapi siswa dari latar belakang bahasa juga dapat melakukannya.

8. Seni


Jika kamu memiliki minat di bidang seni, siswa dengan latar belakang bahasa juga dapat mengambil jurusan di bidang seni. Terdapat berbagai pilihan program studi seni, seperti Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa (Creative Arts), Seni Rupa Murni (Fine Arts), dan berbagai bidang seni lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)