Program Student Exchange Perluas Wawasan Internasional Siswa dan Guru

Senin, 19 Februari 2024 - 16:09 WIB
loading...
Program Student Exchange Perluas Wawasan Internasional Siswa dan Guru
SWA menggelar Student Exchange Programme dengan Peking University (PKU). Foto/SWA.
A A A
JAKARTA - Program pertukaran pelajar atau student exchange memiliki beragam manfaat. Bertemu dengan orang-orang baru tak hanya memperluas koneksi global namun juga menambah wawasan internasional.

Anton Mailoa selaku Board Chairman dari Sinarmas World Academy (SWA) menjelaskan,SWA menggelar kegiatan Student Exchange Programme secara offline.

Program ini bertujuan untuk menguatkan kemitraan yang telah terbina dengan baik antara SWA dan Peking University (PKU).

Kemitraan eksklusif antara Sinarmas World Academy dan Peking University meliputi pengembangan Kurikulum Bahasa Mandarin dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas.

Selain pengembangan kurikulum, ujarnya, kemitraan ini juga melibatkan rekrutmen guru, pertukaran pelajar, dan dukungan penuh dari Peking University bagi siswa berprestasi SWA yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di universitas tersebut.

Program pertukaran pelajar ini telah dimulai sejak tahun 2018, namun terhenti sementara karena dampak pandemi. Tahun 2024 menandai kembalinya program ini dengan kedatangan siswa dan guru dari Peking University Middle School ke kampus Sinarmas World Academy di BSD, Tangerang.

"Kolaborasi dan interaksi dalam pertukaran pelajar ini diharapkan memberikan pengalaman berharga bagi murid dan guru, tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan tetapi juga dalam memahami budaya dan keindahan Indonesia," ujarnya, melalui siaran pers, Senin (19/2/2024).

Tahun ini, SWA telah merancang program pertukaran pelajar dengan lebih beragam. Para murid PKU Middle School diajak untuk menjelajahi sumber daya alam dan kebudayaan di Pekanbaru, Perawang, dan Bogor.

Kolaborasi dengan PT. Indah Kiat Pulp and Paper di Pekanbaru memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengamati proses produksi kertas secara langsung dan berpartisipasi dalam eksperimen laboratorium bioteknologi, di mana mereka belajar tentang ekstraksi DNA dan mengamati keanekaragaman serangga tropis di hutan.

Dia mengatakan, program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi siswa PKU Middle School, tetapi juga bagi siswa dan guru SWA dengan membuka mata mereka terhadap berbagai disiplin ilmu, teknologi, dan budaya yang berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)