Mau Mudah Kuliah Kedokteran? 4 Modal Ini yang Perlu Disiapkan

Selasa, 20 Februari 2024 - 09:46 WIB
loading...
Mau Mudah Kuliah Kedokteran? 4 Modal Ini yang Perlu Disiapkan
Salah satu modal penting yang harus dipersiapkan sejak di jenjang SMA sebelum kuliah di Kedokteran adalah menguasai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 modal yang harus dipersiapkan untuk bisa mudah kuliah di Fakultas Kedokteran . Fakta menyebutkan setiap tahunnya jurusan kedokteran di berbagai kampus di Indonesia selalu menjadi primadona lantaran banyaknya peminat atau calon mahasiswa.

Ketatnya persaingan masuk Fakultas Kedokteran membuat tak mudah untuk diterima di jurusan satu ini. Dibutuhkan banyak persyaratan dan kualifikasi untuk memperbesar peluang masuk ke kedokteran. Artikel kali ini akan mengulas setidaknya butuh 4 modal tertentu yang perlu disiapkan untuk bisa kuliah di Fakultas Kedokteran, simak ya!

4 Modal yang Harus Disiapkan untuk Bisa Kuliah Kedokteran


1. Menguasai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)


Untuk bisa mendalami ilmu kedokteran, kita mesti memiliki pengetahuan yang mantap di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains yang mencakup Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Saat kamu duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), memilih jurusan IPA juga menjadi syarat utama untuk bisa menempuh pendidikan kedokteran di perguruan tinggi.

2. Nilai rapor yang baik, terutama di pelajaran IPA


Nilai rapor yang baik dan memenuhi syarat, terutama pada mata pelajaran IPA, menjadi kewajiban bagi para calon mahasiswa kedokteran. Umumnya, 80 menjadi nilai rata-rata minimal rapor untuk mata pelajaran IPA yang ditentukan oleh fakultas kedokteran di universitas.


3. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik


Seorang dokter juga harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik lantaran sebagian besar materi pembelajaran terkait ilmu kedokteran menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris selama sekolah agar kamu siap mempelajari materi berbahasa Inggris.

4. Aktif dalam kegiatan sosial


Selain ilmu pengetahuan alam, seorang dokter juga perlu memiliki pengetahuan yang luas tentang ilmu sosial dan kemasyarakatan. Saat masih duduk di bangku sekolah, kamu juga bisa mengasah jiwa sosial dengan cara aktif melayani di lingkungan masyarakat.

Selain mengikuti kegiatan pelayanan masyarakat, melakukan penelitian maupun perlombaan juga bisa menjadi modal untuk memperluas wawasan
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)