Diplomat dan Dubes Berbagai Negara akan Ikut Program Belajar Bahasa Indonesia

Rabu, 21 Februari 2024 - 18:20 WIB
loading...
Diplomat dan Dubes Berbagai Negara akan Ikut Program Belajar Bahasa Indonesia
Para diplomat negara sahabat dan dubes akan mengikuti program belajar bahasa Indonesia. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Bahasa Indonesia semakin mendunia. Hal ini karena 134 warga asing dari 50 perwakilan negara sahabat dan organisasi internasional akan mengikuti program belajar Bahasa Indonesia.

Program ini terselenggara atas kerja sama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ( Badan Bahasa ) Kemendikbudristek dengan Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri.

Program belajar bahasa Indonesia untuk diplomat negara sahabat ini akan terselenggara pada bulan Maret mendatang. Program tersebut merupakan bentuk fasilitasi bahasa Indonesia untuk diplomat negara sahabat yang sedang menjalankan misi di Indonesia, khususnya di Jakarta.

Baca juga: Badan Bahasa Luncurkan 33 Film Animasi, Ajang Pemodernan Sastra

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz, menyebutkan bahwa program bahasa Indonesia bagi diplomat ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan Indonesia kepada dunia.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi keinginan Anda untuk mengikuti program bahasa Indonesia ini. Program ini tidak hanya sekadar belajar bahasa Indonesia, namun lebih daripada itu, ini adalah momentum untuk mengenal Indonesia lebih dalam, baik budaya, wisata, dan kekayaan Indonesia lainnya,” ujarnya, melalui siaran pers, Rabu (21/2/2024).

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa program ini akan mempererat kolaborasi Indonesia dengan negara sahabat. Saat ini bahasa Indonesia sudah tersebar di 54 negara, dan untuk mendukung diplomasi tersebut pemerintah Indonesia akan menyediakan beasiswa khusus bagi orang asing yang fasih berbahasa Indonesia untuk menjadi guru bahasa Indonesia di negaranya.

“Saya berharap, Anda semua dapat mengikuti dan menikmati proses pembelajaran bahasa Indonesia. Orang Indonesia akan sangat bangga dan sangat terbuka jika Anda menyapa mereka dengan bahasa Indonesia,” ungkap Aminudin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Duta Besar, Siti Nugraha Mauludiah, menyebut beberapa fakta menarik tentang bahasa Indonesia.

“Ada fakta menarik dari bahasa Indonesia yang harus saya sampaikan, bahwa Wikipedia bahasa Indonesia menempati posisi ke 25 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia, sekaligus peringkat ketiga di Asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin. Selain itu, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa resmi di sidang umum UNESCO,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)