Ini Tips Membuat Publikasi Jurnal Internasional Berkualitas bagi Mahasiswa

Kamis, 15 Februari 2024 - 19:09 WIB
loading...
Ini Tips Membuat Publikasi Jurnal Internasional Berkualitas bagi Mahasiswa
Penulisan dan publikasi jurnal internasional menjadi hal yang penting di dunia pendidikan, baik bagi mahasiswa maupun dosen.
A A A
JAKARTA - Penulisan dan publikasi jurnal internasional menjadi hal yang penting di dunia pendidikan, baik bagi mahasiswa maupun dosen. Dari karya inilah rekam jejak seorang peneliti akan semakin kuat dan mumpuni. Terlebih, jika karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional memiliki status bereputasi.

Publikasi jurnal juga sangatlah penting karena merupakan salah satu syarat wajib kelulusan yang harus dipenuhi saat menempuh pendidikan pascasarjana. Untuk membantu meningkatkan kemampuan penulisan ilmiah para mahasiswa, Pusat Publikasi Nusantara baru-baru ini menggelar webinar bertajuk "Meningkatkan Kualitas Penulisan Artikel Jurnal Internasional".

Dalam webinar ini, para peserta didampingi oleh sejumlah ahli dalam bidangnya, antara lain Coach Muhamad Mustaqim, Managing Editor Scopus Q1, Putri Amalia Z, Editor Eksekutif Jurnal Internasional EBSCO, serta Widia, yang memberikan panduan dan strategi efektif untuk menulis artikel jurnal internasional yang berkualitas.

Ini Tips Membuat Publikasi Jurnal Internasional Berkualitas bagi Mahasiswa


Coach Muhamad Mustaqim, sebagai salah satu narasumber, menyatakan, tujuan dari webinar ini adalah untuk membantu peserta memahami standar-standar penulisan yang diterima di tingkat internasional serta memperbaiki teknik penulisan mereka.

Webinar ini mencakup berbagai topik penting, termasuk pengenalan artikel jurnal internasional, struktur artikel, penyusunan abstrak yang efektif, metodologi penelitian, analisis dan presentasi hasil, pembahasan dan kesimpulan, penyusunan referensi, serta etika penulisan dan publikasi.

"Melalui webinar ini, kami berharap dapat meningkatkan kemampuan akademik para peserta, terutama mereka yang masih baru dalam dunia penelitian dan penulisan ilmiah. Mereka dapat memahami cara menyusun dan menyajikan hasil penelitian secara sistematis," kata Putri Amalia Z menambahkan.

Selain itu, webinar ini juga bertujuan untuk mendorong lebih banyak penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal-jurnal internasional serta membangun komunitas akademik yang solid, di mana para peserta dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka.

Menyikapi webinar ini, salah satu peserta menyatakan, dirinya merasa sangat terbantu dengan materi yang diberikan dalam webinar ini. Karena ia jadi lebih memahami aturan dan pedoman yang berlaku di jurnal-jurnal internasional, serta teknik-teknik penulisan yang dapat meningkatkan kualitas artikelnya.

Dengan demikian, webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Publikasi Nusantara ini memberikan akses langsung kepada para ahli yang berpengalaman dalam penulisan artikel jurnal internasional, memastikan peserta mendapatkan wawasan berharga untuk meningkatkan kualitas penulisan mereka dalam dunia ilmiah.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)