10 Sekolah Kedinasan Pelayaran Kemenhub, Lulus Jadi PNS

Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:25 WIB
loading...
10 Sekolah Kedinasan Pelayaran Kemenhub, Lulus Jadi PNS
Kemenhub memiliki 10 sekolah kedinasan pelayaran yang lulusannya berpeluang besar menjadi PNS. Foto/YouTube Poltekpel Banten.
A A A
JAKARTA - Kemenhub memiliki 10 sekolah kedinasan pelayaran yang lulusannya berpeluang besar menjadi PNS. Lokasinya tersebar dari Jakarta, Papua, hingga Aceh.

Sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan terdiri dari pendidikan transportasi darat, transportasi laut, dan juga transportasi udara. Jumlahnya ada 22 sekolah kedinasan.

Seleksi sekolah kedinasan Kemenhub dinamakan Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) yang dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kemenhub.

Baca juga: Mau daftar Sekolah Kedinasan STIP Jakarta? Berikut Jurusan dan Persyaratannya

Kemenhub menjadi salah satu instansi yang membuka formasi ikatan dinas pada seleksi CASN. Biasanya terbagi atas pola pembibitan Kemenhub dan pola pembibitan pemerintah daerah (pemda) juga formasi khusus putra putri Papua.

Calon Taruna/Taruni formasi Pola Pembibitan Kemenhub dapat memilih Program Studi yang tersedia tanpa dibatasi domisili asal dan bersifat nasional.

Baca juga: Jurusan dan Syarat Masuk PIP Semarang, Sekolah Kedinasan Favorit Kemenhub

Sementara Calon Taruna/Taruni khusus formasi Pola Pembibitan Pemda wajib berdomisili sesuai dengan wilayah formasi Program Studi Pemerintah Daerah yang dibuktikan dengan e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) /Kartu
Keluarga.

Dari 22 sekolah kedinasan Kemenhub, berikut ini 10 sekolah kedinasan pelayaran yang lulusannya berpeluang menjadi PNS, dikutip dari laman Sipencatar.

10 Sekolah Kedinasan Pelayaran Kemenhub

1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta


STIP membuka jurusan D4 Nautika dan D4 Teknika pada seleksi sekolah kedinasan 2023. STIP menyediakan formasi bagi lulusan SMA/MA IPA dan SMK dengan keahlian sesuai bidangnya.

2. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang


PIP Semarang membuka kesempatan bagi lulusan SMA/MA IPA dan SMK Pelayaran Kapal Niaga untuk jurusan D4
Nautika pada seleksi sekolah kedinasan 2023.

3. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar


Sekolah kedinasan Kemenhub yang berada di Sulawesi Selatan ini juga membutuhkan lulusan SMA/MA IPA dan SMK Pelayaran Kapal Niaga untuk jurusan D4 Nautika tahun lalu.

4. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya


Poltekpel Surabaya membuka program studi D3 Elektro Pelayaran untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK di seleksi sekolah kedinasan 2023

5. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat


Poltekpel Sumbar membuka jurusan D3 Teknologi Nautika untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK dengan keahlian sesuai bidangnya.

6.Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati


Denga jurusan D3 Sistem Kelistrikan Kapal, Poltekpel yang ada di Aceh ini membuka formasi untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK dengan keahlian sesuai bidangnya.

7.Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten


Poltekpel Banten pada seleksi sekolah kedinasan 2023 lalu membuka prodi D3 Permesinan Kapal dengan formasi sebanyak 24 untuk lulusan SMA/MA IPA dan juga SMK.

8.Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara


Dengan D3 Permesinan Kapal, Poltekpel Sulawesi Utara menyediakan 24 formasi pola pembibitan bagi lulusan SMA, MA jurusan IPA dan SMK.

9.Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong


Poltekpel Sorong membuka D3 Permesinan Kapal untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK Pelayaran Kapal Niaga dan sejumlah keahalian lainnya.

10.Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong


Poltekpel Barombong juga membuka D3 Permesinan Kapal untuk lulusan SMA/MA IPA dan SMK Pelayaran Kapal Niaga, Teknik Industri, Teknik Permesinan, Teknik Ketenagalistrikan dan lainnya pada seleksi sekolah kedinasan 2023 lalu.

Demikian 10 sekolah kedinasan pelayaran milik Kemenhub yang bisa menjadi rekomendasi lulusan SMA untuk kuliah dan menjadi PNS. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3790 seconds (0.1#10.140)