5 Contoh Teks Ulasan dari Film hingga Game, Mudah Dipelajari!

Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:59 WIB
loading...
5 Contoh Teks Ulasan dari Film hingga Game, Mudah Dipelajari!
Contoh teks ulasan ini perlu dipahami oleh setiap orang yang hendak memberikan pendapatnya terhadap suatu karya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Contoh teks ulasan ini perlu dipahami oleh setiap orang yang hendak memberikan pendapatnya terhadap suatu karya, baik itu berupa film, buku, novel, lagu, hingga game.

Teks ulasan atau tulisan resensi , maupun bisa juga disebut review ini adalah sebuah analisis terhadap suatu karya. Dalam penulisan teks ulasan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca juga: 5 Contoh Teks Persuasi, Simple dan Lengkap dengan Struktur

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah struktur teks ulasan yang terdiri dari Orientasi yang berisikan gambaran umum, Tafsiran yang berisi penjelasan detail karya, Evaluasi berisikan ruang penulis untuk menanggapi karya, dan Rangkuman yang isinya kesimpulan.

5 Contoh Teks Ulasan

1. Contoh Teks Ulasan Film Pengabdi Setan


- Orientasi

Pengabdi Setan merupakan film horor karya Joko Anwar yang diangkat dari sinema lawas berjudul sama yang rilis di tahun 1980. Rumah Produksi Rapi Film bahkan hingga menggandeng rumah produksi raksasa Korea Selatan CJ Entertainment untuk mengembangkan film ini.

- Tafsiran

Awal cerita di film ini memperlihatkan sosok ibu yang tengah terkena penyakit sehingga harus menggunakan lonceng untuk memanggil anggota keluarganya. Penyakit ini sudah dideritanya selama tiga setengah tahun tanpa diketahui penyebabnya.

Penyakit itu rupanya membuat anggota keluarganya kesusahan dalam membiayai pengobatan. Mulai dari Rini (Tara Basro) yang harus melakukan segala cara termasuk meminta Royalti sang ibu. Kemudian anak kedua yang bernama Tony (Endy Arfian) yang harus menjual sepeda motor, dan sang ayah (Bront Palarae) yang harus bekerja keras.

Segala upaya tersebut akhirnya gagal setelah sang ibu meninggal karena terjatuh dari lantai kamarnya. Kematian sang ibu ternyata jadi awal dari teror di rumah keluarga Rini. Ia dan ketiga adiknya didatangi oleh sosok yang menyerupai sang mendiang ibu.

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, dan Contohnya
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)