5 Contoh Teks Ulasan dari Film hingga Game, Mudah Dipelajari!

Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:59 WIB
loading...
5 Contoh Teks Ulasan dari Film hingga Game, Mudah Dipelajari!
Contoh teks ulasan ini perlu dipahami oleh setiap orang yang hendak memberikan pendapatnya terhadap suatu karya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Contoh teks ulasan ini perlu dipahami oleh setiap orang yang hendak memberikan pendapatnya terhadap suatu karya, baik itu berupa film, buku, novel, lagu, hingga game.

Teks ulasan atau tulisan resensi , maupun bisa juga disebut review ini adalah sebuah analisis terhadap suatu karya. Dalam penulisan teks ulasan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca juga: 5 Contoh Teks Persuasi, Simple dan Lengkap dengan Struktur

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah struktur teks ulasan yang terdiri dari Orientasi yang berisikan gambaran umum, Tafsiran yang berisi penjelasan detail karya, Evaluasi berisikan ruang penulis untuk menanggapi karya, dan Rangkuman yang isinya kesimpulan.

5 Contoh Teks Ulasan

1. Contoh Teks Ulasan Film Pengabdi Setan


- Orientasi

Pengabdi Setan merupakan film horor karya Joko Anwar yang diangkat dari sinema lawas berjudul sama yang rilis di tahun 1980. Rumah Produksi Rapi Film bahkan hingga menggandeng rumah produksi raksasa Korea Selatan CJ Entertainment untuk mengembangkan film ini.

- Tafsiran

Awal cerita di film ini memperlihatkan sosok ibu yang tengah terkena penyakit sehingga harus menggunakan lonceng untuk memanggil anggota keluarganya. Penyakit ini sudah dideritanya selama tiga setengah tahun tanpa diketahui penyebabnya.

Penyakit itu rupanya membuat anggota keluarganya kesusahan dalam membiayai pengobatan. Mulai dari Rini (Tara Basro) yang harus melakukan segala cara termasuk meminta Royalti sang ibu. Kemudian anak kedua yang bernama Tony (Endy Arfian) yang harus menjual sepeda motor, dan sang ayah (Bront Palarae) yang harus bekerja keras.

Segala upaya tersebut akhirnya gagal setelah sang ibu meninggal karena terjatuh dari lantai kamarnya. Kematian sang ibu ternyata jadi awal dari teror di rumah keluarga Rini. Ia dan ketiga adiknya didatangi oleh sosok yang menyerupai sang mendiang ibu.

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Situasi ini diperparah dengan kondisi ayah yang harus meninggalkan mereka untuk bekerja di luar kota. Rini, ketiga adik, serta neneknya yang berada di rumah secara interns menghadapi penampakan hantu mengerikan ibunya sendiri.

- Evaluasi

Sebagai garapan ulang sebuah film horor ikonis, Joko tentu tahu banyak penonton yang akan membandingkan karyanya dengan film aslinya. Meski begitu, Joko bisa dibilang berhasil memanfaatkan keuntungan menjadi sineas masa kini.

Atmosfer horor Pengabdi Setan versi baru didukung oleh sinematografi dan penataan suara yang ciamik. Latar waktu ’80an yang diambil pun tergambar apik lewat bentuk detail rumah dan properti lain, seperti alat makan, kendaraan dan busana para pemainnya.

Joko juga berhasil mengeksplorasi dan memperkaya karakter yang muncul dalam film ini. Hasilnya, tak hanya konflik dan alur cerita yang masuk akal, tapi juga drama tentang eratnya hubungan keluarga lebih terasa.

- Rangkuman

Bisa dibilang jika Pengabdi Setan adalah film horor paling fenomenal bahkan sampai saat ini. Belum ada film horor Indonesia yang menyajikan keseraman mencekam layaknya film Joko Anwar tersebut.

Kehadiran Pengabdi Setan ini juga menghancurkan stigma film horor di Indonesia yang selalu dipenuhi dengan adegan dewasa kontroversial.

2. Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1990


- Orientasi

Film Dilan 1990 garapan Pidi Baiq dan Fajar Bustomi diangkat dari novel berjudul sama ini jadi salah satu film terlaris di tahun 2018. Bahkan pada saat itu banyak orang yang mau mengantri demi menonton film yang dibintangi Iqbal Ramadhan ini.

- Tafsiran

Film ini berfokus pada kisah cinta antara Dilan dan Milea. Dilan adalah salah satu anak bandel yang merupakan ketua geng di sekolahnya, dirinya terkenal sebagai anak nakal dan suka tawuran.

Sementara Milea dikenal sebagai gadis cantik yang baru pindah ke sekolah yang ditempati Dilan. Hingga pada akhirnya sang ketua geng ini mulai tertarik dan jatuh cinta pada anak pindahan tersebut.

Awalnya Milea merasa takut dengan Dilan yang merupakan anak bandel dan suka membangkang. Namun setelah mengenal lebih dekat, rupanya Dilan tetaplah sosok siswa biasa dan bukanlah orang yang menakutkan.

Bahkan Dilan kerap kali melontarkan gombalan lucunya pada Milea. Hingga pada akhirnya mereka berdua mulai berpacaran dan menghabiskan hari-hari bersama.

- Evaluasi

Bisa dibilang jika Dilan 1990 merupakan film yang sangat identik dengan kehidupan remaja. Baik dari sisi kenakalannya hingga romansa yang dihadirkan, membuat banyak remaja menyukai sinema ini.

Namun film ini bukan film yang selesai begitu saja, melainkan hanya bagian pertama saja dari keseluruhan yang ada. Artinya, Dilan 1990 masih ada lanjutannya. Akhir film juga dianggap menggantung dan membuat banyak penonton penasaran, kurang memuaskan.

Baca juga: 10 Contoh Teks Inspiratif yang Menarik untuk Dibaca

Beberapa bagian cerita juga agak kurang masuk akal. Misalnya ironi sekali jika seorang TNI memiliki anak yang justru mengepalai geng motor. Tokoh Dilan juga bisa dibilang terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

- Rangkuman

Meskipun identik dengan kehidupan percintaan anak sekolah, film Dilan 1990 tetap menjadi film yang fenomenal di Indonesia. Peminatnya bukan hanya kalangan remaja, melainkan juga orang dewasa, sebab film Dilan 1990 akan membawa penontonnya untuk mengingat kembali kenangan masa.

3. Contoh Teks Ulasan Buku 5 cm


- Orientasi

5 cm adalah buku karya Donny Dhirgantoro yang bercerita tentang perjalanan lima sahabat yang menaklukkan puncak Mahameru. Buku ini diterbitkan oleh Grasindo pada tahun 2005 dan memiliki 382 halaman.

- Tafsiran

Buku ini mengisahkan tentang Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian yang memutuskan untuk berpisah selama tiga bulan tanpa saling berkomunikasi. Mereka ingin mencari jati diri dan makna hidup mereka masing-masing.

Setelah tiga bulan berlalu, mereka berkumpul kembali dan merencanakan untuk mendaki Gunung Semeru. Di sana, mereka menemukan berbagai tantangan, keajaiban, dan pelajaran hidup yang tak terlupakan.

- Evaluasi

Buku ini berhasil menyajikan kisah persahabatan yang inspiratif, motivatif, dan mengharukan. Buku ini juga menggambarkan keindahan alam Indonesia dengan detail dan menarik.

Buku ini juga mengajarkan kita untuk menghargai hidup, bermimpi, dan berani mengambil risiko. Buku ini juga dilengkapi dengan kutipan-kutipan yang mengena di hati pembaca.

- Rangkuman

5 cm adalah buku yang sangat direkomendasikan bagi para pembaca yang suka dengan kisah petualangan, persahabatan, dan cinta. Buku ini bisa membuat pembaca terpukau, terinspirasi, dan terharu. Buku ini adalah buku yang layak dibaca dan dimiliki.

4. Contoh Teks Ulasan Cerpen Corat-coret di Toilet


- Orientasi

Cerpen Corat-coret di Toilet merupakan salah satu karya Eka Kurniawan yang dimuat dalam sebuah antologi, dan diterbitkan sekitar tahun 2000-an.

- Tafsiran

Buku antologi cerpen ini bercerita mengenai seorang remaja punk yang masuk ke dalam toilet, dengan warna dinding yang baru saja diperbarui. Ia pun mengajukan aspirasinya menggunakan spidol di tembok bersih tersebut, untuk bisa dikomentari oleh orang-orang yang datang ke toilet.

Dapat dikatakan, inti dari cerpen ini berisi sentilan bagi para dewan yang suka “lupa diri”, jika sudah duduk di kursi panas pemerintahan.

- Evaluasi

Isi ceritanya terkesan fantastis dan masuk dalam kategori anekdot yang disajikan dengan deskripsi, sehingga membuat cerpen ini memiliki hakikat filsafat yang cukup tinggi.

Akan tetapi, bagi pembaca awam jadi perlu persiapan yang cukup untuk menerima dan mempelajari isi dari cerpen satu ini.

- Rangkuman

Cerpen Corat-coret di Toilet menjadi salah satu karya cerpen yang kritis, dan tidak melupakan sisi lucu dari sebuah toilet umum. Melalui cerpennya, sang penulis ingin menyampaikan pesan, jika orang-orang di ceritanya lebih mempercayai dinding toilet daripada pemerintah.

5. Contoh Teks Ulasan Game Honkai Star Rail


- Orientasi

Honkai Star Rail merupakan game mobile yang dikembangkan oleh miHoYo atau HoYoverse. Permainan yang rilis pada 26 April 2023 ini sukses merebut banyak perhatian seperti game pendahulunya, yakni Genshin Impact dan Honkai Impact 3. Game ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple Store.

Honkai Star Rail mengusung genre turn based RPG, dimana para player harus secara bergantian dalam hal menyerang ketika memasuki battle. Konsep game ini sebenarnya sudah mulai ditinggalkan, namun rupanya HoYoverse dengan berani mengangkat genre ini kembali di pasaran.

- Tafsiran

Pada awal game, player terlebih dahulu harus memilih akan memainkan karakter perempuan bernama Stelle atau pria bernama Caelus. Dari situ player akan dituntut untuk mengikuti jalannya cerita.

Player akan memainkan salah satu kru Star Rail, atau kereta penjelajah galaksi. Kereta tersebut akan mengunjungi berbagai tempat untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Awal kisah Honkai Star Rail dimulai dengan Arc Belobog, sebuah planet yang telah dikuasai oleh Stelaron (makhluk perusak alam). Menghadapi hal ini Main Character bersama March 7 dan Dan Heng ditugaskan untuk menanggulangi masalah di Belobog ini.

Seiring berjalannya waktu di Belobog, rupanya diketahui ternyata seorang yang menyimpan Stelaron adalah ratu mereka sendiri. Hal tersebut membuat MC dan kawan-kawan harus menghentikannya.

Cerita Honkai Star Rail tidaklah berhenti sampai situ, karena akan selalu muncul cerita baru setiap update gamenya. Nantinya story akan berlanjut ke Xian Zhou Luofu dan yang terbaru di Penacony.

- Evaluasi

Cerita yang beragam membuat Honkai Star Rail sama seperti Honkai Impact 3 dan Genshin Impact. Berbagai tempat yang disajikan juga memaksa para player untuk menjelajahinya terlebih dahulu, baik untuk eksplore cerita ataupun mencari treasure.

Desain karakter di Honkai Star Rail yang menarik juga membuat banyak orang tertarik untuk memainkan game ini. Namun sebagai game gacha, HoYoverse ,memang selalu membuat para player sulit untuk mendapat semua karakter yang diinginkannya.

Terlebih setiap bulannya selalu ada karakter baru yang dipasarkan. Sehingga membuat para free to play sulit untuk mendapatkan karakter favorit.

- Rangkuman

Pada dasarnya Honkai Star Rail adalah salah satu game mobile terbaik saat ini. Bahkan pada tahun 2023 lalu, game ini sukses menyabet penghargaan Mobile Game of The Year.

Desain karakter dan cerita yang menarik membuat banyak orang yang memainkan game ini. Bahkan tidak sedikit orang yang menggelontorkan uangnya di game ini demi mendapatkan karakter yang diinginkan.

Itulah sejumlah contoh teks ulasan yang dapat dipelajari jika ingin membuat ulasan karya seseorang.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)