Ini Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil Jika Ingin Jadi Psikiater, Sudah Tahu?

Minggu, 25 Februari 2024 - 08:18 WIB
loading...
Ini Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil Jika Ingin Jadi Psikiater, Sudah Tahu?
Jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin menekuni profesi Psikiater. Foto/Forbes.
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin menekuni profesi Psikiater . Bagi kamu yang belum tahu, Psikiater adalah tenaga medis yang berspesialisasi dalam bidang kesehatan mental.

Pada tugasnya yang mencakup penanganan kesehatan mental, tak jarang sebagian orang menyamakan profesi Psikiater dengan Psikolog. Keduanya memang berada dalam lingkup yang sama, namun tetap saja berbeda.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Hukum, dari Advokat hingga Konsultan

Nah, salah satu perbedaan tersebut terletak pada proses pendidikan yang sebelumnya ditempuh. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (25/2/2024).

Jurusan Kuliah untuk Prospek Kerja Psikiater


Bagi kamu yang ingin menjadi seorang Psikiater, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjalani proses pendidikan, tentunya dengan pemilihan jurusan relevan. Umumnya, langkah awal sebelum menjadi Psikiater adalah mengambil studi ilmu kedokteran.

Baca juga: Mengenal Jurusan Akuakultur, Prospek Kerjanya Luas dan Kuliah Bisa Sambil Healing

Setelah menamatkan sekolah Kedokteran, kamu tidak langsung menjadi Psikiater. Dalam hal ini, ada beberapa hal lain yang perlu dipenuhi terlebih dahulu, termasuk mengambil pendidikan lanjutan berupa dokter spesialis.

Jadi, setelah lulus kuliah S1 Kedokteran dan menyelesaikan segala kewajibannya, kamu harus melanjutkan studi dengan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di bidang kedokteran jiwa.

Pasca menjalani masa pendidikan, kamu akan memiliki dua gelar. Masing-masing adalah gelar dokter dan gelar spesialis kesehatan jiwa atau Sp. KJ.

Setelah menyelesaikan segala tanggungan dan kewajiban, barulah kamu dapat melakukan praktik sebagai Psikiater. Adapun beberapa tugas dari profesi tersebut seperti mendiagnosis gangguan kesehatan mental, merancang rencana pengobatan, memberi terapi hingga meresepkan obat dan melakukan edukasi.

Demikianlah ulasan mengenai jurusan kuliah yang bisa diambil jika ingin menekuni profesi Psikiater . Semoga bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3045 seconds (0.1#10.140)