Kemenag Anggarkan Beasiswa PIP Madrasah 2024 Sebesar Rp1,3 Triliun, Ini Rinciannya

Rabu, 28 Februari 2024 - 19:31 WIB
loading...
Kemenag Anggarkan Beasiswa PIP Madrasah 2024 Sebesar Rp1,3 Triliun,  Ini Rinciannya
Kementerian Agama (Kemenag) RI tahun 2024 menganggarkan dana beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk madrasah sebesar Rp1,3 triliun. Foto/Wahyono
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2024 menganggarkan dana beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk madrasah sebesar Rp1,3 triliun. Anggaran sebesar itu terbagi sebanyak Rp422 miliar untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp558 miliar untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Rp320 miliar untuk Madrasah Aliyah (MA).

Dirjen Pendidikan Agama Islam (Pendis) Kemenag, Prof Muhammad Ali Ramdhani mengatakan PIP adalah inisiatif bantuan pendidikan dari pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk siswa dari berbagai jenjang pendidikan dasar dan menengah. Kemenag memiliki tugas dan wewenang untuk menyalurkan beasiswa PIP tersebut.

“Jangan sampai siswa-siswa tidak bisa melanjutkan pendidikan kesarjanaan yang bermutu hanya gara-gara kemiskinan. Oleh karena itu pemerintah menyediakan beasiswa bagi anak-anak Indonesia, salah satunya melalui Kementerian Agama,” ujar pria yang akrab disapa Dhani itu di kantornya, Selasa (27/2/2024).

Dhani juga meminta kepada seluruh pihak, mulai dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Satuan Pendidikan Madrasah untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak, terutama pihak Bank Penyalur

Sinergi ini bertujuan untuk terus memberikan layanan yang terbaik, seperti memberikan asistensi dan juga akses yang mudah dan efisien kepada seluruh peserta didik terkait dengan pencairan anggaran PIP ini.



Dhani mengajak semua pihak yang terlibat dalam PIP ini menata hati dan niat baik serta berkomitmen untuk mensukseskan PIP ini. Ini adalah program yang sangat mulia bagi bangsa ini.

“Oleh sebab itu, laksanakan dengan Ikhlas dan sungguh-sungguh sebagai bagian dari pengabdian kepada agama, nusa dan bangsa sekaligus. Dengan demikian apapun yang kita lakukan bernilai ibadah dan berkonsekwensi pahala kelak di akhirat,”ujar
Ramdhani.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama (Kemenag), M Sidik Sisdiyanto mengatakan,anggaran PIP 2024 akan direalisasikan dengan skema 2 (dua) tahap pencairan.

Sebagai langkah optimalisasi pemanfaatan anggaran PIP madrasah, pada Minggu Kedua bulan Februari 2024 ini telah direalisasikan anggaran PIP Tahap I sebesar Rp900 miliar)

“Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya, PIP Madrasah secara nominal mengalami kenaikan untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang semula hanya Rp1 juta per siswa saat ini menjadi Rp1,8 juta per siswa,”ujar Sidik.

Meskipun begitu, imbuh Sidik, Kemenag berkomitmen untuk terus melaksanakan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga lain yang terkait untuk penambahan anggaran sehingga mampu mengakomodir seluruh peserta didik madrasah yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur di dalam ketentuan yang berlaku
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)