9 Pondok Pesantren Terbaik yang Direkomendasikan di Jawa Barat

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:29 WIB
loading...
9 Pondok Pesantren Terbaik yang Direkomendasikan di Jawa Barat
Pondok Pesantren Darul Muttaqien yang terletak di Parung Kabupaten Bogor ini menjadi salah satu ponpes terbaik yang direkomendasikan dipilih di Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Ini daftar 9 pondok pesantren terbaik yang direkomendasikan di wilayah Jawa Barat. Saat ini pendidikan di pondok pesantren (ponpes) sudah banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studi pendidikan.

Bahkan dari segi kurikulum saat ini banyak ponpes yang sudah menerapkan aspek modern dalam pendidikannya. Artikel kali ini akan membahas 9 ponpes terbaik yang direkomendasikan di Jawa Barat, simak ya!

9 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Barat


1.Pondok Pesantren Darul Arqam


Pondok pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di bawah naungan Muhammadiyah yang terletak di Cilawu Garut.
Selain para santri diajarkan pendidikan agama juga diberikan pendidikan formal berbasis modern. Untuk tahfiz sendiri menjadi kurikulum wajib selain itu pesantren ini ditunjang dengan fasilitas yang baik.

2.Pondok Pesantren Al Muhajirin


Pondok pesantren ini terletak di Nagri Kaler, Purwakarta Jawa Barat. Pondok yang didirikan 1993 ini mengalami perkembangan pesat hingga saat ini. Di pondok ini banyak jenis pendidikan dari mulai formal maupun non formal.

3.Pondok Pesantren Madinatul Quran


Pondok ini terletak di Jonggol Jawa Barat dan berfokus pada jenjang pendidikan yang mengutamakan hafiz quran.
Hal itu terlihat dari jenjang pendidikan SD sampai S1 berfokus pada tahfiz dan bahasa Arab.


4. Pondok Pesantren Al Ikhlas

Pondok Pesantren yang terletak di Kuningan ini menerapkan sistem pembelajaran modern. Santri dituntun untuk berbahasa arab dan inggris.

5.Pondok Pesantren Al Islam


Pondok pesantren yang terletak di wilayah Cirebon memiliki ribuan santri. Di pesantren ini terdapat fasilitas yang menunjang pengembangan diri bagi siswa berupa peternakan sapi dan lele. Sistem pendidikan sendiri dilakukan dengan modern dengan kombinasi kurikulum nasional dan pesantren.

6. Pondok Pesantren Al Umana


Pondok yang terletak di Sukabumi ini memiliki aktreditasi A. Selain penggunaan bahasa arab pondok di Sukabumi ini mengajarkan Ipara santri bahasa nggris dan Jepang.

7.Pondok Pesantren Al Masom


Pondok yang masuk wilayah Jatinangor Sumedang ini memiliki program akselerasi pada jenjang SMP dan beasiswa. Pondok ini sendiri memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga kuliahan.

8.Pondok Pesantren Darul Muttaqien


Pesantren ini terletak di Parung Kab. Bogor dengan pendidikan agama dan pendidikan formal yang lengkap. Kualitas pondok ini sendiri tidak diragukan hingga saat ini.

9.Pondok Pesantren Al Ikhlas


Pondok ini berada di Puhun, RT 14 RW 04, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pondok pesantren ini menerapkan sistem pembelajaran modern dengan pola mu’allimin serta pendidikan tinggi. kurikulum yang digunakan pada pondok pesantren Al Ikhlas ini berupa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor dan kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh PP Modern Al Ikhlas, santri dituntut untuk mampu berbahasa Arab dan bahasa Inggris.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)