Kembangkan Potensi Non Akademik Siswa, Sekolah Global Sevilla Gelar Drama Musikal

Jum'at, 01 Maret 2024 - 18:07 WIB
loading...
Kembangkan Potensi Non Akademik Siswa, Sekolah Global Sevilla Gelar Drama Musikal
Sekolah Global Sevilla kembali menggelar drama musikal dengan judul My Son Pinocchio Jr. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Potensi akademik dan non akademik sertakarakter siswa tidak hanya diasah di ruang kelas. Banyak kegiatan non akademik yang mampu melatih siswa sekaligus membangun hubungan erat dengan keluarga.

Dalam hal ini Sekolah Global Sevilla kembali menggelar drama musikal yang tahun ini menampilkan bakat-bakat seni para siswa sekolah dasar melalui drama berjudulMy Son Pinocchio Jr.

Kepala Sekolah Global Sevilla Purborini Sulistiyo mengatakan, drama musikal yang rutin digelar tiap tahun ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan siswa untuk mengembangkan skill siswa di bidang non akademik.

Baca juga: Mengenal 7 Jenis Sekolah di Indonesia, Pilih Homeschooling atau Boarding School

"Persiapan drama ini banyak sekali manfaatnya bagi siswa. Selain praktik bahasa Inggris, siswa juga belajar untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan juga belajar bermain peran," katanya, dalam keterangan resmi, Jumat (1/3/2024).

Drama musikal adalah salah satu keunggulan dari Global Sevilla Pulo Mas. Dengan berlatih drama, ujarnya, para siswa juga belajar berbagai macam sifat dan karakter berbagai macam tokoh yang dimainkan dan tentunya mengasah percaya diri berbicara di depan umum.

Global Sevilla merupakan sekolah dengan kurikulum internasional yang menekankan pendidikan karakter dan budi pekerti melalui mindfulness dalam proses belajar mengajarnya. Sehingga, potensi non-akademik juga tetap dikembangkan bersama dengan potensi akademik anak.

Musikal drama My Son Pinocchio Jr. dibawakan oleh 300 siswa SD Global Sevilla dalam Bahasa Inggris. Kualitas yang akan dibawakan juga maksimal dengan persiapan hingga dua bulan. Para siswa juga penuh antusias ketika latihan di sekolah dengan bantuan para guru yang berdedikasi tinggi.

Baca juga: Dinilai Minim Koordinasi, Program 1 Juta Guru PPPK Diprediksi Tak Akan Tuntas

Musical drama My Son Pinocchio Jr. adalah cerita klasik popular yang sering diangkat dalam berbagai versi, baik layar lebar, ataupun musical drama. My Son Pinocchio Jr. menceritakan tentang perjalanan Geppetto, seorang pemilik toko mainan yang ingin memiliki seorang anak. Keinginannya terkabul berkat sihir dari Blue Fairy yang memberikan kehidupan kepada Pinocchio, salah satu mainan Geppetto.

Geppetto menganggap bahwa Pinocchio adalah anak kandungnya, hingga merawat Pinocchio laiknya manusia. Namun, Pinocchio mempunyai perbedaan yang signifikan dari manusia asli—hidungnya akan memanjang jika ia berbohong. Mengetahui hal tersebut, Geppetto tidak terima dan langsung mendatangi Blue Fairy.

Superintendent Sekolah Global Sevilla Michael Thia menambahkan, kerja sama antar siswa memang sangat kuat dalam pagelaran drama musikal ini. Hal ini pun memungkinkan setiap siswa di satu sekolah saling mengenal dan berhubungan baik.

Tidak hanya menguatkan pertemanan antar siswa, katanya, namun melalui pentas drama ini sekolah juga ingin membangun hubungan dengan orang tua siswa. "Sehingga bisa mempereat pertemanan dan juga tali kebersamaan antar sesama siswa dan juga orang tua," ujarnya.

Hal ini juga bisa terlihat dari cerita yang diangkat dalam drama yang mengajarkan tentang bagaimana peran orang tua, tanggung jawab, kasih sayang, dan perjalanan seorang Geppeto untuk menjadikan Pinocchio menjadi manusia luhur.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)