6 Politeknik Terbaik Milik Kemenkes Beserta Daftar Program Studinya

Rabu, 06 Maret 2024 - 06:34 WIB
loading...
6 Politeknik Terbaik Milik Kemenkes Beserta Daftar Program Studinya
Poiteknik Negeri Yogyakarta menjadi salah satu politeknik terbaik milik Kementerian Kesehatan yang bisa dijadikan referensi calon mahasiswa baru mendaftar di 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini datar 6 Poltekkes terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi mendaftar di 2024. Kamu yang berniat menjalani karier sebagai tenaga kesehatan (nakes) perawat dan tenaga kesehatan lain, melanjutkan studi di Politeknik Teknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) bisa menjadi pilihan Artikel kali ini akan membahas 6 Poltekkes terbaik di Indonesia, simak ya!

6 Poltekkes Terbaik di Indonesia Beserta Program Studinya


1. Poltekkes Kemenkes Semarang


Poltekkes Kemenkes Semarang adalah satu-satunya Poltekkes yang punya Program D3 hingga Pascasarjana. Institusi yang berdiri sejak 2001 ini merupakan gabungan dari 11 Akademi Kesehatan yang ada di Jawa Tengah.

Pilihan jurusan yang ditawarkan pascasarjana antara lain:

a. Jurusan Keperawatan
b. Jurusan Kebidanan
c. Jurusan Gizi
d. Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi (TRR)
e. Jurusan Keperawatan Gigi
f. Jurusan Kesehatan Lingkungan
g. Jurusan Analis Kesehatan
h. Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK)

2. Poltekkes Kemenkes Jakarta I


Poltekkes Kemenkes Jakarta I berdiri pada 16 April 2001. Sebelum menyandang nama yang sekarang, institusi ini dulunya bernama Politeknik Kesehatan Depkes Jakarta 1.

Beberapa jurusan di Poltekkes Kemenkes Jakarta 1 awalnya berdiri sendiri berbentuk Akademi Kesehatan di lingkungan Departemen Kesehatan. Poltekkes ini membuka Program D3 maupun D4/Profesi. Jurusan yang ditawarkan di Poltekkes Kemenkes Jakarta I yakni:

a. Jurusan Keperawatan
b. Jurusan Kebidanan
c. Jurusan Keperawatan Gigi
d. Jurusan Ortotik Prostetik


3. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta


Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga awal mulanya merupakan gabungan dari beberapa Akademi Kesehatan Kementerian Kesehatan, tepatnya yang berada di Yogyakarta.

Tak heran jika Poltekkes ini masuk ke daftar politeknik terbaik, karena beberapa dosennya pun berhasil mendapat penghargaan dosen berprestasi tingkat Poltekkes Kemenkes selama beberapa tahun berturut-turut.

Terkait program, Poltekkes Yogyakarta menawarkan Program D3 dan D4. Pilihan jurusannya antara lain:

a. Jurusan Analis Kesehatan
b. Jurusan Gizi
c. Jurusan Kebidanan
d. Jurusan Keperawatan
e. Jurusan Keperawatan Gigi
f. Jurusan Kesehatan Lingkungan

4. Poltekkes Kemenkes Malang


Masih seperti Poltekkes Kemenkes lainnya, Poltekkes Malang adalah gabungan dari beberapa Akademi Kesehatan di Malang dan sekitarnya.

Akademi yang bergabung yakni Akademi Keperawatan Malang, Akademi Keperawatan Blitar, Akademi Keperawatan Lawang, Akademi Kebidanan Malang, Akademi Gizi Malang, Akademi Kebidanan Kediri, dan Akademi Kebidanan Jember.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)