3 Contoh Teks Ceramah Singkat Tema Ramadan yang Bisa Dijadikan Referensi

Rabu, 06 Maret 2024 - 11:12 WIB
loading...
3 Contoh Teks Ceramah Singkat Tema Ramadan yang Bisa Dijadikan Referensi
Contoh teks ceramah singkat bertemakan Ramadhan ini banyak dicari menjelang atau pada saat bulan puasa. Foto/istiqlal.or.id.
A A A
JAKARTA - Contoh teks ceramah singkat bertemakan Ramadan ini banyak dicari menjelang atau pada saat bulan puasa. Umumnya ceramah ini disampaikan dalam berbagai acara keagamaan baik di lingkungan sekolah atau masyarakat.

Banyak hal yang dapat diangkat menjadi ceramah ketika Bulan Ramadan, mulai dari keutamaan bulan suci tersebut, manfaat menunaikan ibadah puasa, hingga ceramah yang berkaitan dengan malam turunnya Al-Qur'an atau malam lailatul qadar.

3 Contoh Teks Ceramah Singkat Tema Ramadan

1. Contoh Teks Ceramah Keutamaan Bulan Ramadan


Umat Islam selayaknya memahami keutamaan atau fadhilah dari setiap ibadah yang Allah SWT perintahkan. Pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap amal shaleh akan menjadi penyemangat sekaligus akan mendorong kepada peningkatan ketaqwaan seseorang.

Ramadan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Qur'an). Diturunkannya Al-Qur'an pada bulan Ramadan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan.

Allah Swt berfirman yang artinya : “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Baca juga: 31 Contoh Teks Konjungsi Temporal dalam Kalimat dan Mudah Dipahami

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar” (QS. Al-Qadar: 1). Dan banyak ayat lainnya yang menerangkan bahwa Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadan. Itu sebabnya bulan Ramadhan dijuluki dengan nama syahrul quran (bulan Al-Qur'an).

Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang artinya :”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Tidak hanya itu, setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya. Dan di dalam bulan penuh kemuliaan dan keberkahan ini maka tidak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, namun banyak keberkahan lainnya.

Puasa ditinjau dari aspek ekonomi, maka Ramadan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Bagi fakir miskin, Ramadan membawa keberkahan tersendiri.

Pada bulan ini seorang muslim sangat digalakkan dan disunnah untuk berinfaq dan bersedekah di bulan Ramadan kepada mereka. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)