Canggih, Unair Buat Charging Station untuk Kendaraan Listrik

Rabu, 06 Maret 2024 - 11:31 WIB
loading...
Canggih, Unair Buat Charging Station untuk Kendaraan Listrik
Charging station kendaraan listrik inovasi Unair, Bangga EVCS dipamerkan di Business Matching 2024. Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
DENPASAR - Universitas Airlangga (Unair) mengembangkan charging station untuk kendaraan listrik . Inovasi untuk mendukung ekosistem energi bersih dan berkelanjutan ini dinamakan Bangga EVCS.

Bangga EVCS atau Barata-Airlangga Electric Vehicle Charging Station adalah produk dari hasil pengembangan dari kerja sama antara Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) Unair dengan PT Barata Indonesia dengan skema Matching Fund 2023.

Perwakilan tim, Samuel, mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Airlangga (Unair) menjelaskan, charging station ini dapat digunakan untuk kendaraan listrik jenis AC.

Baca juga: Tulibot, Kacamata Pintar Mahasiswa PENS untuk Disabilitas Rungu

Saat ini Bangga EVCS sudah dipakai di kampus Unair sebagai pengisi daya kendaraan listrik yang dibawa para dosen dan mahasiswa secara gratis.

Alat pengisi daya hasil buatan mahasiswa Unair ini memiliki banyak fitur. Seperti fitur tracking location charging station, lalu detail informasi charging station, scan QR code verifikasi, riwayat pengisian daya, Bluetooth, dan monitoring status. Melalui fitur-fitur tersebut, pengguna akan lebih mudah memahami dan memantau penggunaan charging station Bangga.

"Kami kembangkan aplikasi sehingga charging station ini untuk bisa dibeli atau disewakan kembali. Jadi siapa saja bisa berkontribusi dengan Bangga EVCS ini," katanya saat ditemui di pameran Business Matching Produk Dalam Negeri 2024 di Denpasar, Bali, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Inovasi Perguruan Tinggi dan Vokasi untuk Mendukung Kemandirian Produk Dalam Negeri

Alat pengisi daya ini cocok digunakan untuk industri karena dilengkapi dengan mobile application yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi energi, juga mengetahui status dan lokasi charging station terdekat.

Sebagai inovasi perguruan tinggi, alat pengisi daya ini memiliki sejumlah keunggulan. Samuel menjelaskan, alat pengisi daya ini memiliki tingkat kandungan dalam negeri lebih dari 40 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)