Perkuat SDM Unggul, UNJ Bersiap Menjadi PTN Badan Hukum

Rabu, 06 Maret 2024 - 20:52 WIB
loading...
Perkuat SDM Unggul, UNJ Bersiap Menjadi PTN Badan Hukum
UNJ mewisuda 1.531 lulusan yang berasal dari Program Sarjana Terapan, Sarjana, Magister hingga Doktoral. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Jumlah universitas negeri yang berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) akan bertambah. Saat ini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sedang bersiap untuk menggenapi jumlah PTN BH yang saat ini berjumlah 21 kampus.

21 PTN BH tersebut adalah UI, ITB, IPB University, UGM, ITS, Unpad, Undip, Unair, Universitas Brawijaya, USU, Unhas, UNS, UPI, UM, Unand, UPI, Unnes,Unesa, Unsyiah, UT, dan UNY.

Pada wisuda semester Semester 119 Tahun Akademik 2023/2024, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ mengatakan, penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas merupakan faktor kunci bagi UNJ menuju PTN BH, di samping penguatan kelembagaan, infrastruktur, IT, dan kerja sama.

Baca juga: Guru Besar UNJ Ikut Aksi Rawamangun Bergerak: Gerakan Kampus Itu Otaknya Negara

Menurut Prof. Komarudin ada banyak hal yang harus menjadi perhatian dalam upaya memperkuat SDM UNJ yang unggul dan berkualitas menuju PTN BH di antaranya menghadirkan kepemimpinan transformasional, adaptif, dan kolaborasional hingga level Unit.

Kemudian transformasi SDM UNJ menjadi Human Capital dan Intellectual Capital, juga penataan kelembagaan SDM secara lincah, tanggap, dan keberlanjutan dari hulu ke hilir.

Baca juga: Ikut Aksi Rawamangun Bergerak, Ubaedillah Badrun: Jokowi Mundur atau Dimakzulkan

"Komitmen untuk menghubungkan Inovasi Tridharma Perguruan Tinggi dengan benefit bagi universitas, masyarakat, bangsa dan negara yang sejalan dengan innovation for society," ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (6/3/2024).

Prof. Komarudin mengemukakan, ada 4 strategi untuk mencapai SDM UNJ khususnya dengan kapasitas, kinerja, dan rekognisi yang unggul dan berkualitas. Yakni dengan menciptakan budaya dan akuntabilitas kerja yang unggul.

Kemudian sustainability dengan rekrutmen, pengembangan karier dan restrukturisasi penempatan dosen, penguatan kelembagaan dan profesionalitas SDM berbasis IT, dan juga penguatan pusat talenta prestasi mahasiswa dan alumni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3101 seconds (0.1#10.140)