25 PTN Siap Terima Mahasiswa Baru di SMMPTN-Barat 2024, Cek Daftar Kampusnya

Jum'at, 08 Maret 2024 - 17:35 WIB
loading...
A A A
Ketua Badan Kerja Sama PTN Wilayah Barat (BKSPTN Barat) yang juga Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin mengatakan, ada 25 PTN yang bisa dipilih calon mahasiswa di SMMPTN-Barat.

Dia juga berharap para peserta nantinya bisa belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi tes SMMPTN-Barat sehingga bisa diterima di kampus pilihannya.

"SMMPTN-Barat ini tujuannya memberikan kesempatan kepada adik-adik yang punya prestasi dan kemampuan juga komitmen yang kuat untuk belajar di PTN yang diimpikan," lugasnya pada soft launching SMMPTN-Barat 2024 secara online, Jumat (8/3/2024).

Rektor Universitas Bangka Belitung yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua SMMPTN-Barat 2024 Prof. Dr. Ibrahim mengatakan, peserta yang bisa mendaftar ialah alumni SMA yang belum lulus SNBP dan SNBT dan juga alumni SMA yang belum mempunyai akun SNPMB.

"Ada lebih dari 750 prodi yang bisa dipilih oleh setiap calon mahasiswa dan mereka bisa memilih maksimal 4 prodi," ujarnya.

Dia menambahkan, berbeda dengan sistem SNBT ketika memilih maksimal 4 prodi harus memiliki 2 prodi vokasi, untuk SMMPTN
pilihan bisa bebas, tanpa batasan prodi akademik dan vokasi.

Sistem seleksinya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT) dengan penambahan penilaian untuk prodi seni dan olahraga yaitu portofolio berupa dokumen prestasi dan sertifikat selama menjadi siswa.

"Keuntungan ikut SMMPTN-Barat ini ialah ngga harus mempunyai akun SNPMB, dan bisa memilih 4 prodi, serta juga bisa memilih PTN umum, PTN seni, dan PTN agama," ujarnya.

Kemudian pilihan pertama tidak harus menjadi tempat tes. Calon mahasiswa juga bisa memilih lintas prodi saintek dan soshum. Selain itu siswa juga bisa melakukan sanggah pasca pengumuman kelulusan.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)