10 Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Sabtu, 09 Maret 2024 - 08:59 WIB
loading...
10 Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia
Institut Teknologi Bandung (ITB) masih kokoh berada di urutan pertama universitas dengan jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas dengan jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan rumpun teknik paling diminati calon mahasiswa.

Terlebih di era digital, lulusan teknik informatika disebut memiliki prospek masa depan cerah. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas 10 universitas terbaik jurusan teknik informatika, simak ya!

10 Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Jurusan teknik informatika di ITB banyak diminati oleh pendaftar baru. Sejak tahun 1982 jurusan teknik informatika sudah ada di ITB. Saat ini ITB juga memiliki program magister teknik informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

2. Institut Teknologi 10 November (ITS)


Jurusan teknik informatika di ITS mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT Tak heran jika jurusan ini banyak tujuan pendaftaran mahasiswa baru.

3. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Universitas di Sulawesi Selatan ini memiliki jurusan yang menjadi favorit. Sebab, jurusan Teknik Informatika di Universitas Hasanuddin Makassar sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Salah satu universitas yang memiliki jurusan Teknik informatika adalah UNS. Jurusan yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT ini masuk dalam Fakultas MIPA sejak tahun 2007.


5. Universitas Telkom


Jurusan teknik informatika di Universitas Telkom sudah ada sejak tahun 1993 dengan program S1 dan D3.

6. Universitas Islam Indonesia (UII)


Jurusan teknik informatika di kampus ini merupakan salah satu jurusan terbaik. Jurusan tersebut sudah terakreditasi A dari BAN-PT

7. Universitas Bina Nusantara (Binus)


Berbeda dengan kampus lain, Binus menawarkan program perkuliahan secara online. Binus juga memiliki program studi Teknik Informatika dengan akreditasi A dari BAN-PT

8. Universitas Negeri Padang (UNP)


Salah satu kampus dengan teknik informatika terbaik di pulau Sumatera ada di Universitas Negeri Padang Pada tahun 2017 lalu Prodi ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT

9. Universitas Undayana (Unud)


Meski Prodi belum mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, namun kualitas perkuliahan yang ditawarkan oleh UNUD tidak kalah dengan kampus lain.

10. Universitas Atmajaya Yogyakarta


Jurusan teknik informatika di Universitas Atmajaya juga menjadi salah satu jurusan terbaik. Hal itunkarena jurusan ini sudah akreditasi A dari BAN-PT.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerjanya


Secara umum Informatika menekankan kepada struktur, sifat, dan interaksi dari sejumlah sistem yang dimanfaatkan untuk melakukan pengumpulan data, pemrosesan serta penyimpanan hasil pemrosesannya, lalu menampilkan data tersebut dalam bentuk informasi.

Aspek dari informatika lebih luas daripada sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, namun juga mencakup informasi yang tidak atau belum diproses menggunakan komputer.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Teknik Informatika


• Konsep pemrograman
• Pemrograman visual
• Pemrograman Java
• Pemrograman berbasis web
• Pemrograman berorientasi obyek
• Dasar sistem digital
• Pengantar teknologi informasi
• Interaksi manusia dan komputer
• Struktur data
• Dasar arsitektur dan organisasi komputer
• Perancangan dan analisis algoritma
• Sistem operasi (operating system)

sejumlah Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika


1. Programmer

Programmer adalah seorang yang bekerja di bidang teknologi informasi terutama dalam perancangan, pembuatan, pemeliharaan dan pengembangan suatu program. Pengembang perangkat lunak (software developer) juga merupakan salah satu bagian dari programmer.

2. UI (User Interface) Designer

UI (User Interface) Designer adalah seorang yang bertanggung jawab untuk merancang antarmuka pengguna pada aplikasi perangkat lunak. Tugas utama mereka adalah memastikan bahwa antarmuka pengguna yang dirancang mudah digunakan, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Sistem Analis (system analyst)

Analis Sistem adalah seorang profesional di bidang teknologi informasi yang bertanggung jawab untuk menganalisis dan merancang sistem informasi yang dibutuhkan oleh suatu organisasi atau perusahaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)