Apa Itu Program Kelas Unggulan IUP di PTN dan PTS 2024? Begini Penjelasannya

Sabtu, 09 Maret 2024 - 10:48 WIB
loading...
Apa Itu Program Kelas Unggulan IUP di PTN dan PTS 2024? Begini Penjelasannya
Salah satu PTN yang membuka kelas internasional IUP 2024 adalah Universitas Diponegoro (Undip) yakni di jurusan Ilmu Hukum. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Begini penjelasan tentang International Undergraduate Program (IUP) di jalur masuk PTN dan PTS 2024. Seperti diketahui, IUP adalah program kelas internasional yang dibuka perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Jalur IUP dapat dipilih calon mahasiswa yang ingin mendaftar di prodi-prodi kelas internasional pada kampus incaran.Untuk info lebih jelasnya apa itu IUP, artikel kali ini akan membahasnya tuntas, simak ya!

Kelebihan IUP


1. Double Degree hingga Transfer Kredit


Sejumlah kelas internasional atau IUP menawarkan program double degree hingga sistem transfer kredit di kampus luar negeri. Untuk melaksanakannya, perguruan tinggi Indonesia bekerja sama dengan institusi mancanegara.

Salah satu PTN yang mengelar program IUP adalah Universitas Diponegoro (Undip) Dikutip dari laman Undip, IUP Ilmu Hukum Undip menyediakan sistem transfer kredit dengan universitas mitra, yaitu Leiden University Belanda dan Flinders University Australia.

Sedangkan IUP Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi Undip menyediakan double degree bersama Curtin University Australia dan Saxion University Belanda dan sistem transfer kredit dengan sejumlah kampus Eropa.

2. Magang di Luar Negeri dan Pertukaran Pelajar


Mahasiswa IUP juga berkesempatan mengalami international exposure lewat praktik kerja atau magang di luar negeri, pertukaran pelajar, hingga konferensi internasional. Mahasiswa IUP Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair), contohnya, bisa memilih di antara ketiganya, seperti magang di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles, Amerika Serikat.


3. Akreditasi Internasional


IUP lazimnya juga diakreditasi oleh badan akreditasi luar negeri, termasuk badan akreditasi sesuai bidang studi yang ditawarkan. Cek kembali apa saja akreditasi luar negeri yang dimiliki prodi IUP tujuanmu.

Dikutip dari laman Unair, kelas-kelas internasional atau IUP di kampusnya memiliki minimal satu akreditasi internasional. Ini memungkinkan lulusannya diakui untuk melanjutkan pendidikan dan merintis karier di luar negeri, di samping pengaruh peringkat perguruan tinggi dan dosen-dosen yang diakui di mata internasional.

4. Mitra Luar Negeri


Dengan kerja sama dengan mitra institusi luar negeri, mahasiswa IUP berkesempatan menjalani peluang-peluang yang terbuka dari mitra tersebut. Contohnya seperti peluang kerja, beasiswa gelar maupun nongelar, serta penguatan kapasitas akademik dan nonakademik.

Jalur IUP


Jalur IUP lazimnya mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris yang memadai agar mahasiswa dapat menjalani perkuliahan dengan baik. Salah satunya yakni dengan menerapkan persyaratan skor kecakapan bahasa Inggris TOEFL, wawancara, dan atau esai. Cek kembali syarat jalur IUP di kampus dan prodi tujuan agar bisa bersiap dari sekarang.

Perlu diketahui, setelah lulus jalur IUP, biaya kuliah mahasiswa kelas internasional relatif lebih tinggi dari mahasiswa jalur SNBP atau SNBT 2024. Cek juga rincian biaya kuliah di prodi tujuan agar bisa bersiap, ya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)