Deretan PTN yang Membuka Kelas Internasional, Lulus Raih 2 Gelar Sekaligus

Kamis, 10 November 2022 - 10:36 WIB
loading...
Deretan PTN yang Membuka Kelas Internasional, Lulus Raih 2 Gelar Sekaligus
Berikut ini PTN yang membuka kelas internasional. Setelah lulus mahasiswanya bisa mendapat 2 gelar sekaligus. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) membuka program kelas internasional untuk jenjang sarjana. Program internasional ini cocok bagi kalian yang ingin kuliah di Indonesia tetapi juga ingin merasakan pengalaman studi di luar negeri.

Kelas internasional itu adalah program studi yang disediakan perguruan tinggi Indonesia yang telah menjalin kerja sama dengan mitra dari perguruan tinggi dari negara lain. Pada umumnya, mahasiswa akan belajar di Indonesia selama satu sampai dua tahun, kemudian lanjut studi di universitas asing mitra.

Ada sejumlah karakteristik yang membedakan kelas internasional dengan kelas reguler. Misalnya kelas internasional membutuhkan biaya yang lebih tinggi daripada kelas biasa. Kemudian juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan skor TOEFL sebagai persyaratan pendaftaran.

Lalu apa saja keunggulan kelas internasional ini dibandingkan kelas kuliah reguler? Mahasiswa internasional itu biasanya lulus dengan menyandang dua gelar sekaligus; satu dari universitas di Indonesia dan satu lagi dari universitas asing.

Mahasiswa yang tergabung di kelas internasional juga mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri yang berarti bertemu dengan mahasiswa asing lainnya dan mempelajari budaya negara tersebut.

Dikutip dari laman Quipper, berikut ini PTN yang membuka kelas internasional yang perlu kalian ketahui.

Baca juga: Prof Arif Satria Kembali Terpilih Jadi Rektor IPB University

1. Universitas Indonesia (Akreditasi A)

Universitas Indonesia kini menawarkan program internasional bernama Kelas Khusus Internasional (KKI) untuk mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing. Ada dua pilihan dalam program ini. Pilihan yang pertama akan memungkinkan siswa untuk belajar dengan kurikulum internasional dan mendapatkan kesempatan untuk belajar atau magang selama satu hingga dua semester di universitas mitra.

Pilihan yang kedua adalah program dual degree, di mana mahasiswa akan lulus dengan dua gelar, yakni dari UI dan universitas mitranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)