Mau Kerja Bergaji Besar? Ini 6 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Jadi Incaran BUMN

Sabtu, 09 Maret 2024 - 12:13 WIB
loading...
Mau Kerja Bergaji Besar? Ini 6 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Jadi Incaran BUMN
Salah satu juru IT yang banyak diincar perusahaan BUMN adalah teknik elektro. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar penerapan prinsip-prinsip fisika dan matematika dalam konteks elektromagnetisme, magnetisme dan listrik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jurusan kuliah bidang IT yang jadi incaran perusahaan BUMN. Banyak lulusan jurusan kuliah yang saat ini menjadi incaran perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khususnya di bidang IT. Penyebabnya, lulusan jurusan kuliah bidang IT mempunyai prospek karier sangat luas.

Mengutip akun Instagram @masukptn, artikel kali ini akan khusus membahas deretan jurusan kuliah bidang IT yang menjadi incaran perusahaan BUMN.

6 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Jadi Incaran Perusahaan BUMN


1. Ilmu Komputer


Jurusan kuliah ini mendalami penggunaan prinsip-prinsip matematika dan logika dalam konteks komputasi. Banyak BUMN yang mencari lulusan ini seperti BRI, BNI dan Bank Mandiri.

2. Teknik Informatika


Lulusan jurusan kuliah ini memiliki pemahaman yang luas terkait pengembangan software, sistem informasi hingga manajemen jaringan komputer.

Setelah lulus, alumni jurusan kuliah ini mempunyai peluang besar untuk berkarier sebagai analis sistem, insinyur perangkat lunak dan insinyur jaringan.


3. Teknik Telekomunikasi


Jurusan kuliah ini menitikberatkan pada pengembangan, pelaksanaan serta pengelolaan sistem komunikasi nirkabel dan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Program studi ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang populer di kalangan mahasiswa.

4. Teknik Elektro


Setelah menyelesaikan studi Teknik Elektro, mahasiswa akan mempunyai keterampilan dan keahlian dalam elektronika, telekomunikasi hingga domain rangkaian listrik.

Di jurusan kuliah ini mahasiswa juga akan belajar penerapan prinsip-prinsip fisika dan matematika dalam konteks elektromagnetisme, magnetisme dan listrik.

5. Sistem Informasi


Di jurusan kuliah ini mahasiswa akan belajar cara menggabungkan teknologi informasi dengan aspek bisnis dan manajemen.
Beberapa perusahaan BUMN yang memerlukan tenaga lulusan ini seperti PT Kimia Farma, PT Pos Indonesia hingga PT Jasa Marga.

6. Data Science


Lulusan jurusan Data Science mempunyai pemahaman tentang pengelolaan dan analisis data. Dengan pemahaman yang dimiliki, mereka berpeluang untuk berkarier sebagai ilmuwan data, analis data atau analis bisnis intelijen di perusahaan BUMN.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)