4 Perbedaan Jurusan Kuliah Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis

Kamis, 14 Maret 2024 - 08:52 WIB
loading...
4 Perbedaan Jurusan Kuliah Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis
Terdapat sejumlah perbedaan antara jurusan kuliah Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis. Foto/Freepik/rawpixel.com
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perbedaan antara jurusan kuliah Administrasi Bisnis dan jurusan Manajemen Bisnis . Salah satunya berkaitan dengan prospek kerja bagi para lulusannya.

Saat memutuskan masuk ke perguruan tinggi, mahasiswa akan menemui berbagai pilihan jurusan kuliah. Melihat sekian banyak jurusan kuliah yang tersebar di perguruan tinggi, ada beberapa di antaranya yang memiliki nama mirip, misalnya seperti Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis.

Baca juga: 4 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis, Jalan Jadi Pengusaha Sukses?

Kendati memiliki nama yang hampir mirip, namun keduanya adalah jurusan kuliah yang berbeda. Berikut ini penjelasannya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2024).

Perbedaan Jurusan Kuliah Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis

1. Pengertian


Administrasi Bisnis menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup diminati calon mahasiswa. Biasa dikenal juga dengan nama Administrasi Niaga, jurusan ini mempelajari hal-hal seputar operasional bisnis sebuah perusahaan dengan berbagai pendekatan strategis dan relevan.

Sementara untuk Manajemen Bisnis, jurusan ini menjadi satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang hal-hal seperti kepemimpinan, manajemen hingga operasional personel bisnis. Adapun tujuannya adalah mencetak para lulusan profesional yang mahir dalam bisnis dan manajemen.

2. Pembelajaran


Salah satu perbedaan mendasar dari Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis bisa terlihat dari komponen ilmu yang dipelajari. Di satu sisi, Manajemen Bisnis dapat memiliki cakupan ilmu yang lebih umum. Sedangkan Administrasi Bisnis cenderung lebih spesifik (khusus).

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia Versi THE WUR by Subject 2024, UI hingga Binus

Pada pembelajarannya, mahasiswa Administrasi Bisnis akan mempelajari mata kuliah yang spesifik layaknya Dasar-dasar Pemasaran Bisnis, Komunikasi Bisnis, Organisasi & Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan Bisnis hingga Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. Sementara untuk Manajemen Bisnis, mahasiswa akan banyak belajar tentang Pengantar Akuntansi, Manajemen Perbankan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Produk dan Merek hingga Manajemen Operasional.

3. Gelar


Perbedaan berikutnya bisa terlihat dari gelar yang nantinya diperoleh. Pada lulusan Administrasi Bisnis, umumnya mereka mendapat gelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.Ab).

Baca juga: Pilih Kuliah Manajemen Bisnis untuk Menunjang Karir Masa Depan

Sedangkan mahasiswa lulusan Manajemen Bisnis akan mendapat gelar Sarjana Manajemen Bisnis (S.Mb). Gelar tersebut mencerminkan fokus pada sektor manajemen bisnis.

4. Prospek Kerja


Lulusan Administrasi Bisnis dan Manajemen Bisnis juga akan memiliki jalur karier yang berbeda. Namun, masing-masing tetap memiliki kesempatan bekerja di sektor swasta maupun pemerintahan.

Pada lulusan Administrasi Bisnis, mereka memiliki prospek mencakup manajer operasional, analis dan perencana bisnis, akuntan hingga human resources specialist. Selain itu, para lulusannya juga bisa terjun pada profesi seperti analis finansial, analysis budget ataupun manajer marketing.

Tak kalah, prospek kerja lulusan Manajemen Bisnis juga terbuka. Beberapa yang bisa dipilih seperti analis manajemen, office manager hingga purchasing manager. Selain itu, mereka juga mengisi berbagai role lain seperti business development, marketing executive, risk manager, maupun operations manager.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah perbedaan antara jurusan kuliah Administrasi Bisnis dan jurusan Manajemen Bisnis . Semoga bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3394 seconds (0.1#10.140)