9 Tipe Kecerdasan Manusia untuk Membantu Memilih Karier yang Cocok di Masa Depan

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:38 WIB
loading...
9 Tipe Kecerdasan Manusia untuk Membantu Memilih Karier yang Cocok di Masa Depan
Tipe kecerdasan manusia merupakan indikator dan bidang-bidang yang dikuasai. Setiap tipe kecerdasan menunjukkan keterampilan atau kecerdasan yang berbeda. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 9 tipe kecerdasan manusia yang bisa dijadikan referensi memilih jenjang karier di masa depan. Banyak orang menganggap kecerdasan sebagai kemampuan bawaan, padahal secara teori tidaklah demikian.

Tipe kecerdasan manusia merupakan indikator dan bidang-bidang yang dikuasai. Setiap tipe kecerdasan menunjukkan keterampilan atau kecerdasan yang berbeda. Artikel kali ini akan membahas tipe tipe kecerdasan manusia yang bisa dijadikan modal seseorang untuk memilih karier yang cocok untuk dirinya, simak ya!

9 Tipe Kecerdasan Manusia


1. Naturalis


Apakah kamu sangat menyukai alam yang ada di sekitarmu? Apakah kamu merasa berada di alam itu secara meditatif? Apakah kamu bisa membedakan dengan mudah perbedaan tipis antara pinus dengan cemara?Apakah kamu merasa bahwa bekerja dengan tanaman atau hewan adalah hal yang biasa?

Hal ini karena kamu memiliki kecerdasan naturalis. Orang dengan tipe kecerdasan ini biasanya memiliki ketertarikan pada botani maupun zoologi

Karier yang cocok dengan tipe kecerdasan naturalis adalah ahli botani, ahli kelautan, pembimbing perkemahan, pemimpin pasukan pramuka, tukang kebun, astronom, ahli meteorologi, ahli geologi, dan arsitek lanskap.

2. Interpersonal


Apakah kamu jenis orang yang mudah bergaul? Apakah kamu mudah memahami dan berinteraksi dengan teman, keluarga, dan kolega kamu?

Orang-orang yang memiliki nilai tinggi dalam kecerdasan interpersonal peka terhadap suasana hati orang lain, dan dapat memahami berbagai hal dari berbagai perspektif yang berbeda.

Orang seperti ini cenderung menjadi guru, aktor, psikolog, manajer, HRD, pekerja sosial, dan karier lainnya yang mengutamakan kepemimpinan dan keterampilan interpersonal.


3. Musikal


Orang dengan kecerdasan musikal memiliki telinga yang sensitif. Apakah kamu bisa mendengarkan musik dan memilih setiap nada? Bisakah kamu membedakan dan memahami perbedaan antara nada, ritme, warna suara, dan nada? Tipe kecerdasan ini sering ditunjukkan oleh konduktor, penyanyi, atau musisi.

4. Logis-Matematis


Apakah kamu senang mengelompokkan benda-benda, atau menghubungkan benda-benda berdasarkan hubungannya? Apakah permainan favorit kamu adalah tentang strategi? Jika iya, kecerdasan yang kamu miliki adalah tipe logis matematis. Para ahli matematika dan saintis mendapatkan nilai tinggi dalam kecerdasan logis matematis.

Jika kamu memiliki kecerdasan tipe ini, maka pilihan karier yang cocok untukmu adalah ahli matematika, ekonom, auditor, akuntan, saintis, ahli statistik, analis komputer, dan teknisi.

5. Bodily-Kinestetik


Pemilik tipe kecerdasan ini pandai berolahraga, atau menggunakan tangan mereka untuk membuat sesuatu. Kecerdasan bodily-kinestetik adalah kemampuan untuk menggerakkan objek atau tubuh dengan tepat waktu dan sempurna.

Pilihan karier yang tepat dengan tipe kecerdasan ini adalah terapis fisik, penari, atlet, pelatih, kebugaran, pemilik pusat kebugaran, aktor, mekanik, dan tukang kayu.

6. Spasial


Apakah kamu memiliki ketertarikan pada labirin dan teka-teki jigsaw? Dapatkah kamu memvisualisasikan bagaimana sesuatu akan terlihat sebelum kamu membuatnya?

Apakah kamu juga seorang pelamun? Bisakah kamu memahami sebuah cetak biru dengan mudah? Orang-orang dengan kecerdasan tipe spasial ini sering kali berkarier sebagai pilot, pelukis, arsitek, atau pematung.

7. Linguistik


Apakah kamu mampu berbicara 2 bahasa? Atau mungkin dalam 3 bahasa? Apakah kamu mampu menulis puisi atau membuat naskah pidato? Ataukah kamu suka bercerita atau mengerjakan teka-teki silang?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)