10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Berpotensi Kantongi Gaji Besar di 2024

Jum'at, 15 Maret 2024 - 13:58 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Berpotensi Kantongi Gaji Besar di 2024
Menurut survei Research.com, lulusan jurusan Sistem Informasi Manajemen berpotensi mendapat gaji besar di tahun 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan kuliah yang lulusannya berpotensi mengantongi gaji tinggi di 2024. Penghasilan memadai menjadi salah satu tujuan banyak alumni perguruan tinggi ketika memasuki dunia kerja. Lalu jurusan apa saja yang lulusannya diprediksi bisa mengantongi gaji besar di tahun 2024?

Artikel kali ini akan membahas daftar jurusan kuliah dengan potensi gaji tinggi bagi lulusannya di 2024 berdasarkan survey Research.com, simak ya!

10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Berpotensi Kantongi Gaji Besar di 2024


1. Sistem Informasi Manajemen


Jurusan Sistem Informasi Manajemen mempelajari integrasi antara teknologi komputer, metode kuantitatif, dan keahlian manajerial untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan informasi organisasi. Lulusan dari Sistem Informasi Manajemen dapat bekerja sebagai analis sistem komputer, manajer database, konsultan TI, dan pengembang aplikasi.

Gaji rata-rata: USD164 ribu atau Rp2,5 miliar per tahun.

2. Fisika


Jurusan fisika berkaitan dengan studi materi dan energi, baik menggunakan kerangka teori tradisional maupun kontemporer. Lulusan dengan gelar di bidang fisika bisa berperan sebagai fisikawan medis, ilmuwan lingkungan, ahli biofisika, insinyur ruang angkasa, atau insinyur optik.

Gaji rata-rata: USD139 ribu atau Rp 2,1 miliar per tahun.

3. Pemasaran


Jurusan pemasaran dikenal sebagai jurusan yang mudah beradaptasi. Mereka mempelajari dasar-dasar riset pasar, strategi pemasaran, perilaku konsumen, dan teknik komunikasi.

Lulusan dengan spesialisasi pemasaran biasanya bekerja dengan peran seperti analis riset pasar, analis pemasaran, manajer produk, manajer periklanan, dan posisi kepemimpinan lainnya dalam departemen pemasaran.

Gaji rata-rata: USD138 ribu atau Rp2,1 miliar per tahun.

4. Ilmu Komputer


Ilmu komputer memberikan banyak peluang untuk kemajuan akademik dan profesional melalui teknologi. Mahasiswa ilmu komputer terlibat dalam kurikulum yang mengasah keterampilan pemecahan masalah mereka melalui penggunaan database, etika komputer, dan dasar teoritis komputasi.

Gaji rata-rata: USD136 ribu atau Rp2,1 miliar per tahun.

Baca juga: Mengenal Profesi Analis Data, Pekerjaan Bergaji Tinggi yang Dibutuhkan di Masa Depan

5. Ekonomi


Lulusan jurusan ekonomi sering kali berperan dalam perencanaan strategis di perusahaan bisnis. Mereka bisa menjadi analis data, analis riset pasar, analis risiko keuangan, dan manajer kompensasi dan tunjangan.

Gaji rata-rata: USD113 ribu atau Rp1,7 miliar per tahun.

6. Manajemen


Lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki keahlian dalam negosiasi dan menyelesaikan perselisihan. Mereka sering kali berkarier sebagai manajer proyek, atau manajer di sektor layanan pribadi, hiburan, dan rekreasi.

Gaji rata-rata: USD107 ribu atau Rp1,6 miliar per tahun.

7. Administrasi Kesehatan


Jurusan administrasi kesehatan berkonsentrasi pada aspek administratif sistem layanan kesehatan, termasuk organisasi, kepemimpinan, dan integrasinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0759 seconds (0.1#10.140)