7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024

Minggu, 17 Maret 2024 - 09:45 WIB
loading...
7 Jalur Mandiri Unnes, Pilihan jika Belum Lulus SNBP dan SNBT 2024
Unnes membuka 7 jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru 2024. Foto/YouTube Unnes TV.
A A A
SEMARANG - Unnes membuka 7 jalur seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru 2024. Ketujuhnya bisa dijadikan alternatif jika gagal di SNBP dan SNBT 2024.

Perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi banyak pilihan para lulusan SMA dan sederajat untuk melanjutkan studi. Tercatat saat ini jumlah PTN di Indonesia sebanyak 184 unit menurut BPS.

Baca juga: 8 Jalur Mandiri UNJ 2024, Bisa Jadi Pilihan Jika Gagal SNBP-SNBT

Jalur masuk penerimaan mahasiswa baru yang awal dibuka ialah SNBP atau jalur prestasi dan jalur tes atau SNBT. Keduanya adalah jalur nasional yang diikuti seluruh PTN, termasuk Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Pengumuman hasil SNBP akan dilangsungkan secara serentak 26 Maret 2024. Sementara pengumuman kelulusan SNBT akan dapat diterima pada 13 Juni 2024 mendatang.

Baca juga: 8 Jalur Seleksi Mandiri UNS 2024 dan Biaya Pendaftarannya

Pendaftar SNBP dan SNBT juga pastinya sangat menunggu tanggal pengumuman kelulusan SNBP dan SNBT tersebut. Namun bagaimana jika tidak lulus di kedua jalur tersebut?.

Bagi kalian yang ingin masuk Unnes namun gagal di SNBP dan SNBT, tenang saja karena Unnes menyediakan 7 jalur seleksi mandiri yang bisa dipilih calon mahasiswa baru.

Baca juga: IPB Buka 3 Jalur Mandiri 2024 Awal Mei, Ini Syarat dan Ketentuannya

Dikutip dari laman Unnes, berikut 7 jalur seleksi mandiri Unnes.

1. Seleksi Mandiri (SM-Unnes)


Unnes menyediakan jalur SM Unnes bagi calon mahasiswa baru program diploma (D3), S1, S2, hingga S3. SM Unnes juga membuka penerimaan mahasiswa program Profesi. Jalur ini diselenggarakan secara mandiri oleh PTN di Jawa Tengah ini melalui ujian tertulis maupun ujian keterampilan seni/olahraga.

2. Seleksi Mandiri Jalur Rapor (SMJR-Unnes)


Bagi yang gagal di SNBP, ini adalah kesempatan kedua Anda untuk melampirkan dokumen rapor agar bisa menjadi mahasiswa baru jenjang S1 dan atau 3 di jalur seleksi mandiri Unnes.

3. Seleksi Mandiri Internasional (SMI-Unnes)


Disebut juga seleksi mandiri kelas internasional, Unnes menyediakan SMI-Unnes jenjang D3 hingga S1 dengan syarat dan ketentuan berbeda dari jalur seleksi mandiri lainnya.

4. Seleksi Mandiri UTBK-SNPTN (SM-UTBK)

Jalur ini merupakan khusus D3 yang menggunakan nilai UTBK-SNBT SMA/SMK/MA atau yang sederajat sebagai dasar penerimaan mahasiswa baru di Unnes.

5. Seleksi Mandiri Seni (SMS-Unnes)


Calon mahasiswa D3 dan S1 Seni bisa mencoba jalur SMS-Unnes untuk kuliah program seni dan desain seperti seni rupa, musik, tari, teater, dan lain-lain.

6. Seleksi Mandiri Program Studi Khusus (SMPS-Unnes)


Pada jalur ini adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 dan D3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unnes untuk program studi yang secara khusus ditentukan oleh Unnes.

7. Seleksi Mandiri Olahraga (SMO-Unnes)


Jalur seleksi ini adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 dan D3 dengan kualifikasi atlet, pelatih, wasit/penyiar TV, dan lainnya khusus bidang olahraga, yang diselenggarakan Unnes.

Demikian 7 jalur seleksi mandiri di Unnes . Semoga bisa memberikan berbagai pilihan untuk calon mahasiswa dalam menentukan jalur pendaftaran yang paling diminati.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3275 seconds (0.1#10.140)