Pendaftaran UTBK SNBT 2024 Resmi Dibuka, Ini Link, Cara Daftar, hingga Ketentuan Memilih Prodi

Kamis, 21 Maret 2024 - 09:07 WIB
loading...
Pendaftaran UTBK SNBT 2024 Resmi Dibuka, Ini Link, Cara Daftar, hingga Ketentuan Memilih Prodi
Pendaftaran UTBK SNBT 2024 resmi dibuka mulai hari ini, Kamis (21/3/2024) pukul 15.00 WIB. Foto/UNpad.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran UTBK SNBT 2024 dibuka mulai hari ini, Kamis (21/3/2024) pukul 15.00 WIB. Berikut ini link, persyaratan, dan juga ketentuan untuk memilih prodi.

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) resmi dibuka hari ini. Siswa yang sudah memiliki akun SNPMB bisa langsung login dengan email dan kata sandi.

Baca juga: Jam Berapa Pendaftaran UTBK SNBT 2024 Dibuka Besok? Login di Portal SNPMB Ya

Pendaftaran bisa dilakukan portal SNPMB di link https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Setelah bisa masuk portal lalu pilih Pendaftaran UTBK SNBT untuk registrasi.

Cara Daftar UTBK SNBT 2024

1. Login


Untuk dapat masuk ke portal SNPMB isi dengan kombinasi alamat email dan kata sandi yang sudah pernah dibuat pada saat registrasi akun SNPMB sebelumnya.

Setelah berhasil masuk portal, kemudian klik menu Pendaftaran UTBK SNBT yang ada di sebelah kanan layar.

2. Isi biodata


Biodata yang wajib diisi di sini seperti pas foto, data pribadi, data orang tua, hingga bagi peserta UTBK dengan kebutuhan khusus ada alur tersendiri saat pengisian biodata ini.

Isi semua isian biodata peserta UTBK SNBT secara lengkap. Dan jika Anda sudah merasa isiannya sudah benar maka beri tanda centang pada bagian Simpan Permanen Biodata.

3. Pilih prodi dan unggah portofolio


Anda boleh memilih maksimal empat program studi, 2 prodi sarjana dan dua prodi vokasi. Pastikan kalian memeriksa persyaratan prodi yang dituju dengan mengunjungi tautan yang tersedia setelah memilih PTN.

Bagi yang memilih jurusan dengan syarat portofolio, maka Anda bisa melihat alur bagi peserta UTBK dengan portofolio.

Baca juga: Aturan Terbaru! Tes Potensi Akademik Dihapus di UTBK SNBT 2024 Diganti Tes Skolastik

Lalu jika sudah yakin dengan pilihan jurusan kuliahmu, tekan tombol Simpan lalu klik tombol Selanjutnya untuk berpindah halaman.

4. Pilih Pusat UTBK


Pilih Pusat UTBK pada daftar pilihan yang tersedia. Jika pilihan lokasi pusat UTBK sudah sesuai dan benar klik Simpan Permanen Pusat UTBK dan klik Lanjutkan.

5. Membayar biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024


Perhatian, bagi pemegang KIP Kuliah boleh skip tahap ini dan langsung mengklik tombol Ambil Kartu Peserta.

Bagi non KIP Kuliah, tekan tombol Unduh Klik Bayar untuk mengunduh slip bayar. Kemudian segera bayar biaya pendaftaran dengan kode pembayaran pada jangka waktu yang sudah ditentukan.

6. Unduh kartu peserta UTBK SNBT 2024


Bagi pemegang KIP Kuliah dan non KIP Kuliah wajib mengunduh kartu peserta. Kartu ini disimpan baik-baik karena wajib dibawa saat pelaksanaan UTBK.

Ketentuan Memilih Prodi


1. Setiap peserta bebas memilih prodi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

2. Setiap peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 program studi yang terdiri dari 2 pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).

Demikian link, cara daftar, dan juga ketentuan memilih prodi di pendaftaran UTBK SNBT 2024 . Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pejuang PTN.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)