Kemendikbud Minta Politeknik Kembangkan Kerja Sama Strategis di Level Dunia

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 19:14 WIB
loading...
Kemendikbud Minta Politeknik Kembangkan Kerja Sama Strategis di Level Dunia
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto didampingi Direktur Polimarin, Sri Tutie Rahayu meninjau fasilitas di Kampus Polimarin Semarang, Sabtu (15/8). Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta kampus vokasi atau politeknik untuk mengembangkan kerja sama strategis yang dimaknai dengan link and match.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, Wikan Sakarinto saat menjadi pembicara kunci diskusi interaktif “Inovasi Kerja sama Pendidikan Vokasi dengan Industri Internasional” yang diselenggaraan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) secara virtual melalui youtube, Sabtu (15/8/2020).

Namun menurutnya, link and match yang dimaksud bukan hanya yang dipahami semata-mata secara konvensional antara kampus vokasi atau politeknik dan industri.“Pada intinya dunia kerja untuk maritim jelas dunia di laut, ada kapal supply chain logistik teknologi dan sebagainya,” kata Wikan. (Baca juga: UGM Jadi PTN Paling Diminati di SBMPTN )

Ia mengatakan, apa yang dilakukan Polimarin ini layak untuk diapresiasi. Pasalnya, tidak banyak kampus yang mampu seperti Polimarin. “Meski Polimarin masih muda, tapi sudah mampu mendahului melakukan hal yang belum dilakukan kampus yang lebih senior,” ungkapnya.

Menurutnya, pemagangan kerja sama yang dilakukan Polimarin dengan mitra luar negeri sudah tersertifikasi internasional dan kompetensinya level dunia. “Pemagangannya dilakukan di belahan negara lain dan benua lain ini menyebabkan eksposure pada kompetensi SDM di level internasional,” imbuh dia.

Ia menambahkan, dengan kerja sama yang sangat outstanding, tidak hanya Polimarin saja namun juga menginspirasi politeknik atau kampus vokasi lain. Sebab ini jelas sekali kurikulum bersama dikaitkan dengan sertifikasi kompetensi level internasional. Sehingga taruna-taruni bisa mengalami pemagangan seperti di Jerman atau kapal-kapal luar negeri.

Pihaknya berharap kampus lain bisa mengikuti Polimarin yang memiliki kompetensi yang jelas dan sertifikasi yang telah diakui internasional. “Ayo kita ajak kampus lain menginisiasi MoU semoga taruna taruni bisa bersinar. Kami akan laporkan ke mas menteri (Nadiem Makarim) soal inspirasi yang dilakkan Polimarin,” ajaknya. (Baca juga: LTMPT: ITB Puncaki Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020 )

Sementara Direktur Polimarin, Sri Tutie Rahayu berharap berharap keinginan untuk memiliki kampus yang lebih luas bisa segera terwujud.

“Kami ingin mengucapkan terimakasih cita-cita kami ingin punya kampus luas. tadi pak Dirjen sudah menegaskan bahwa tahun depan pelebaran area kampus itu bisa terwujud yakni kurang lebih 30 hektare,” kata Sri Tutie.

Sehingga untuk mewujudkan cita cita Polimarin menjadi internasional politeknik bisa segera terwujud. “Karena kami bisa lakukan kolaborasi dengan industri dan melaksanakan join degree secara efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)