PPI Dunia Dukung Polri Ungkap Kasus Magang Palsu ke Jerman

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:14 WIB
loading...
PPI Dunia Dukung Polri Ungkap Kasus Magang Palsu ke Jerman
Koordinator PPI Dunia Hamzah Assuudy Lubis. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) mengapresiasi langkah Polri dalam mengungkap kasus magang palsu yang menjerat ratusan pelajar Indonesia dengan janji kerja di Jerman.

Kasus yang melibatkan lebih dari seribu mahasiswa dari 33 kampus ini terbongkar setelah empat korban melaporkannya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jerman.

Baca juga: Dugaan TPPO Berkedok Magang, Dirjen Dikti: Ferienjob Bukan Bagian MBKM

“Kami selaku organisasi pelajar yang tersebar di berbagai negara sangat mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengungkap kasus ini. Kami juga baru tahu ada eksploitasi mahasiswa di Jerman yang berkedok magang,” kataKoordinator PPI Dunia Hamzah Assuudy Lubis, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (28/3/2024).

PPI Dunia sangat mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kasatgas TPPO Brigjen. Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro, yang telah berani mengungkap kasus TPPO ke ranah publik.

Baca juga: Bareskrim Polri Ungkap TPPO Modus Program Magang ke Jerman

Sebagaimana diketahui, banyak korban ketakutan dan dirugikan atas kasus ini yang mana seluruh korban adalah mahasiswa.

Selain itu, ia juga menyampaikan, pihaknya bersedia membantu pihak kepolisian jika saja diperlukan.

“Kami siap menyediakan informasi yang dibutuhkan, terutama terkait informasi pelajar luar negeri. Ini juga komitmen PPI Dunia untuk melindungi pelajar Indonesia,” katanya.

Di samping itu, ia juga menyerukan kepada seluruh pelajar di Indonesia agar berhati-hati dalam memilih tawaran program magang di luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)