Dibuka hingga 5 April, 4 Hal Ini Harus Diperhatikan saat Daftar UTBK SNBT 2024

Selasa, 02 April 2024 - 12:05 WIB
loading...
Dibuka hingga 5 April, 4 Hal Ini Harus Diperhatikan saat Daftar UTBK SNBT 2024
Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) masih dibuka hingga 5 April 2024. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 hal yang harus diperhatikan saat mendaftar UTBK-SNBT 2024. Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) masih dibuka hingga 5 April 2024. Bagi siswa yang belum lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 bisa mencoba peruntungan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan mendaftar di jalur UTBK SNBT 2024.

Tapi sebelum mendaftar UTBK-SNBT 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pendaftaran berjalan mulus terhindar dari masalah. Artikel kali ini akan membahas 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum daftar UTBK-SNBT 2024, simak ya!

4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Daftar UTBK SNBT 2024


1. Perhatikan timeline


Calon mahasiswa disarankan untuk selalu memperhatikan tanggal penting pelaksanaan UTBK SNBT 2024 yang akan digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 2 April dan 2-7 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua pada 14 hingga 20 Mei 2024 mendatang. Sementara pendaftaran UTBK SBNT 2024 akan ditutup mulai 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

2. Unggah portofolio baru


Peserta yang sudah pernah mengikuti SNBP diperbolehkan untuk mengunggah portofolio yang sama, namun tetap disarankan untuk menggunakan portofolio baru.

3. Lulus UTBK SNBT tak boleh ikut seleksi mandiri


Selanjutnya, pelaksanaan UTBK SNBT 2024 memiliki ketentuan baru yakni siswa yang lolos SNBT tidak dan mendaftar ulang tidak diperkenankan untuk ikut seleksi jalur mandiri perguruan tinggi negeri.

4. Materi UTBK SNBT 2024


Tak hanya dalam proses SNPMB, perubahan juga terdapat pada materi UTBK yang memiliki tiga jenis materi meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), penalaran matematika, dan literasi bahasa.


Cara Daftar UTBK-SNBT 2024


1. Login portal SNPMB


Saat mendaftar UTBK SNBT 2024, calon mahasiswa terlebih dahulu login di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar pada akun SNPMB.

2. Mengisi Biodata


• Menuju laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ kemudian login

• Memilih menu "Pendaftaran UTBK-SNBT"

• Melengkapi beberapa data yang diperlukan seperti data pribadi, data orangtua, alamat dan lainnya

• Pastikan kembali data sudah terisi dengan benar, kemudian pilih menu "Simpan dan Lanjutkan"

• Konfirmasi akhir untuk pengisian biodata dengan klik "Centang Pernyataan" serta "Simpan Permanen Biodata"

• Ada petunjuk pengecekan akhir, calon mahasiswa bisa klik "Ya, simpan permanen!"

3. Pilih prodi


Memilih program studi (Jurusan) Saat mendaftar UTBK SNBT 2024, kamu bisa memilih maksimal 4, terdiri dari 2 Program Akademik (Sarjana) dan 2 Program Vokasi (Diploma Tiga). Cek kembali pilihan prodi dan centang pernyataan kesanggupan membayar biaya kuliah. Kemudian klik "Simpan dan Lanjutkan".

4. Unggah portofolio


Mengunggah Portofolio Calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah bidang Olahraga dan Kesenian wajib menyertakan portofolio.

Kamu bisa menggunakan portofolio saat mendaftar SNBP dan tinggal menekan tombol "Lanjutkan" Apabila sebelumnya tidak mendaftar SNBP 2024, calon mahasiswa bisa memilih menu "Portofolio dari SNBT" kamu akan diarahkan untuk unggah berkas.
Perlu diperhatikan dokumen, jenis, dan ukuran maksimum sesuai ketentuan yang tertera.

5. Memilih Pusat UTBK


Setelah mengunggah portofolio atau tidak, kamu bisa klik menu "Pilih Pusat UTBK". Selain 74 Pusat UTBK, dalam pelaksanaan UTBK SNBT 2024 saat ini juga tersedia Sub Pusat UTBK 2024 yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Cek lagi data diri nama, tanggal lahir, sekolah, NISN, NPSN, status KIP Kuliah, dan status Kebutuhan Khusus. Pada bagian Pusat UTBK, silakan memilih tempat sesuai daftar pilihan yang tersedia. Pastikan pilihan sudah sesuai, maka tekan tombol "Simpan dan Lanjutkan".

6. Konfirmasi akhir


Melakukan Konfirmasi Akhir Setelah memastikan semua data diri peserta terisi dengan benar, kamu bisa melakukan konfirmasi akhir. Kemudian klik menu "Simpan Permanen Pusat UTBK".

Akan ada peringatan Konfirmasi Akhir, kamu dapat memilih menu "Ya, Simpan Permanen!" Baca juga: Sampai Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk SNBT?

7. Pembayaran UTBK SNBT 2024


Berbeda dengan SNBP 2024, calon mahasiswa yang mendaftar UTBK SNBT 2024 wajib membayar biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024 sebesar Rp200.000. Kamu bisa memilih menu "Unduh Slip Bayar".

Dan segera membayarkan dengan kode yang tertera dan jangka waktu yang ditentukan. Setelah membayar, kamu bisa pilih menu "Ambil Kartu Peserta".

Setelah selesai mengisi semua kolom saat mendaftar UTBK SNBT 2024, jangan lupa mengunduh kartu dan cetak. Kartu peserta UTBK SNBT 2024 ini wajib kamu bawa saat mengikuti UTBK SNBT 2024.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4516 seconds (0.1#10.140)