Magang di Freeport Sulit Ditembus? Ini Tips dari Mahasiswa Unair

Kamis, 04 April 2024 - 12:52 WIB
loading...
A A A
“Bahkan untuk makan saja membutuhkan effort yang lumayan untuk jalan,” tutur mantan ketua HIMA (Himpunan Mahasiswa) APHSA FKM 2022 ini.

Baca juga: 27 Jurusan D4 hingga S2 yang Banyak Dibutuhkan Freeport sebagai Karyawan, Ada Keahlianmu?

Meskipun ada tantangan, Firman secara perlahan mampu beradaptasi di tempat magangnya itu. Terlebih, ada banyak fasilitas dan keuntungan yang ia dapat selama magang. Fasilitas ini membantu Firman untuk fokus pada pengembangan diri dan pekerjaannya.

Kunci Lolos Magang di Freeport


Firman juga membagikan kunci sukses lolos seleksi magang di perusahaan besar seperti di Freeport. Untuk mengikuti program magang ini, kata dia, peserta wajib memperbanyak pengalaman untuk memperbesar peluang.

“Kunci utama untuk lolos seleksi magang di PTFI adalah pengalaman. Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, semakin besar peluang untuk diterima,” ujar Firman.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa semester awal bisa memulai dari hal yang kecil, seperti kepanitiaan internal kampus atau organisasi mahasiswa. PTFI mencari talenta dengan soft skill mumpuni, seperti kemampuan komunikasi, kepemimpinan, teamwork, dan problem solving.

“Usahakan selalu upgrade diri. Misalnya, ke depan coba berani untuk jadi koordinator atau salah satu petinggi di organisasi internal,” pesan Firman.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)