Gagal SNBP Bukan Akhir, Berikut 5 PTN yang Buka Jalur Mandiri Nilai Rapor

Sabtu, 06 April 2024 - 08:30 WIB
loading...
Gagal SNBP Bukan Akhir, Berikut 5 PTN yang Buka Jalur Mandiri Nilai Rapor
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur Mandiri nilai rapor 2024. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 5 PTN yang buka jalur Mandiri dengan nilai rapor di 2024. Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 telah diumumkan.

Bagi kamu yang belum lolos SNBP 2024 jangan khawatir karena selain jalur SNBP, pintu masuk perguruan tinggi negeri juga bisa melalui jalur Mandiri. Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 5 PTN yang membuka jalur Mandiri dengan nilai rapor yang bisa dicoba, simak ya!

Daftar 5 PTN yang Buka Jalur Mandiri Nilai Rapor


1. Universitas Airlangga (Unair)


Unair memberikan kesempatan bagi peserta yang gagal masuk Unair lewat jalur SNBP. Untuk mendaftar jalur Mandiri Prestasi Unair, peserta dapat menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik/non akademik.

Jalur ini dibuka mulai 27 Mei 2024. Agar tidak ketinggalan informasi lebih lanjut, detikers bisa mengunjungi website https://ppmb.unair.ac.id/id secara berkala.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Pada Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) 2024, kampus yang berpusat di Jatinangor, Jawa Barat ini membuka jalur Prestasi Akademik. Lewat jalur ini, siswa hanya perlu menggunakan nilai rapor semester 1-5 alias tidak perlu mengikuti tes.

Jalur ini bisa dipilih oleh peminat S1 ataupun D3 dan D4. Bagi yang ingin masuk Unpad lewat jalur SMUP Prestasi Akademik, bisa terus pantau informasi lengkapnya di https://smup.unpad.ac.id/ .


3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY memberikan kesempatan bagi siswa SMA/SMK/sederajat yang mempunyai prestasi akademik untuk kuliah di kampusnya. Siswa yang gagal di SNBP bisa mencoba daftar lewat jalur ini menggunakan nilai rapor.

Pendaftaran jalur SM Prestasi Akademik UNY akan dibuka pada 1 April 2024 dan ditutup pada 4 Juli 2024. Untuk menyimak informasi lengkapnya detikers bisa mengunjungi https://pmb.uny.ac.id/jalur-prestasi-akademik-s1

4. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)


Kampus UNJ juga menyediakan lewat nilai rapor yang disebut Portofolio Rapor. Siswa yang belum lulus di SNBP atau SNBT 2024 bisa mendaftar jalur ini tanpa tes.

Untuk jadwal pendaftaran jalur Portofolio Rapor UNJ 2024 belum diumumkan detailnya. Akan tetapi, detikers bisa kunjungi laman resminya di https://penmaba.unj.ac.id/rapor/ secara rutin agar tak ketinggalan informasinya. Tak hanya lulusan tahun 2024, jalur ini bisa dicoba oleh lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021, 2022 dan 2023.

5. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)


Unesa tahun ini membuka pendaftaran seleksi mandiri jalur Non Tes UTBK maupun Non Tes SNBP. Pada jalur Non Tes SNBP, peserta hanya memerlukan nilai rapor sebagai persyaratan.

Peserta nantinya cukup menyerahkan rapor semester 1-4. Pendaftaran jalur ini akan dibuka mulai 23 Juni 2024. Untuk melihat persyaratan lain dan cara mendaftar, bisa kunjungi laman https://admisi.unesa.ac.id/page/kelompok-non-tes.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1957 seconds (0.1#10.140)