10 Dokumen Penting untuk Modal Daftar Beasiswa ke Luar Negeri

Senin, 08 April 2024 - 08:38 WIB
loading...
10 Dokumen Penting untuk Modal Daftar Beasiswa ke Luar Negeri
Salah satu dokumen penting untuk daftar beasiswa ke luar negeri adalah sertifikat bahasa Inggris, salah satunya sertifikat IELTS . Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 dokumen penting untuk modal daftar beasiswa ke luar negeri. Kamu para pejuang beasiswa salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa adalah persyaraan wajib berupa dokumen.

Begitupun juga yang diperlukan jika akan mendaftar beasiswa ke luar negeri. Dokumen apa saja syarat wajibnya? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

10 Dokumen Penting Daftar Beasiswa ke Luar Negeri


1. Sertifikat IELTS


Kalau kamu mau mendaftar beasiswa ke luar negeri, dokumen yang kebanyakan diminta adalah sertifikat bahasa Inggris. Sertifikat IELTS bisa menjadi pilihan aman karena kebanyakan beasiswa menerimanya. Agar bisa lolos beasiswa ke luar negeri, paling tidak kamu harus punya skor aman minimal 6,5 hingga 7.5.

2. Surat rekomendasi


Dokumen untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri yang satu ini biasanya ditujukan untuk memvalidasi karakter, prestasi dan kualitas belajarmu selama ini. Biasanya kamu bisa meminta surat rekomendasi ke guru atau kepala sekolah. Beberapa beasiswa ke luar negeri yang membutuhkan syarat surat rekomendasi adalah Jardine Scholarship dan SBW Berlin.

3. Esai


Satu lagi dokumen penting untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri adalah esai. Melalui esai, kamu harus menunjukkan jika kamu layak menjadi awardee beasiswa incaranmu. Jenis esai yang bisa kamu buat seperti motivation letter, personal statement hingga study plan.

4. Letter of Acceptance (LoA)


LoA adalah bukti kamu resmi diterima di kampus yang ada di negara tujuan beasiswa. Ada dua skema LoA yang perlu kamu ketahui, yakni: Unconditional LoA: kamu resmi diterima tanpa syarat tambahan karena telah memenuhi semua syarat. Conditonal LoA: kamu akan resmi diterima setelah memenuhi ketentuan-ketentuan tertentu. Misalnya sertifikat bahasa pengantar hingga kelengkapan dokumen lain.


5.CV/resume


Dokumen penting untuk modal mendaftar beasiswa ke luar negeri selanjutnya adalah CV atau resume. Syarat berkas ini berisi riwayat pengalaman. Mulai dari pengalaman pendidikan, organisasi hingga prestasi. Selain kelima dokumen penting tersebut, ada hal lain yang perlu kamu persiapkan jika berencana mendaftar beasiswa ke luar negeri. Dokumen penting lainnya untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri antar alain:

6. Salinan ijazah


Bukti menyelesaikan studi sebelumnya.

7. Salinan transkrip nilai


Bukti memenuhi syarat IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

8. Salinan KTP


Kartu Tanda Penduduk ini sebagai bukti bahwa kamu tidak melebihi batas usia.

9. Paspor:


Karena kamu mendaftar beasiswa untuk kuliah di luar negeri, tentu dokumen berupa paspor sangat penting. Hal ini biasanya juga akan diminta pihak penyeleksi beasiswa.

10. Pas foto


Foto juga menjadi dokumen penting lainnya yang perlu kamu persiapkan jika ingin mendaftar beasiswa ke luar negeri.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)