Bagaimana Sistem Penilaian UTBK SNBT 2024? Ini Bocorannya

Selasa, 09 April 2024 - 10:16 WIB
loading...
Bagaimana Sistem Penilaian UTBK SNBT 2024? Ini Bocorannya
Calon mahasiswa yang mendaftar UTBK SNBT 2024 bisa melakukan sejumlah persiapan, salah satunya adalah latihan materi yang akan diujikan selama UTBK SNBT. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi mengenai sistem penilaian UTBK SNBT 2024 yang perlu diketahui calon mahasiswa. Gelombang pertama Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) akan digelar mulai 30 April 2024.

Calon mahasiswa yang mendaftar UTBK SNBT 2024 bisa melakukan sejumlah persiapan, salah satunya adalah latihan materi yang akan diujikan selama UTBK SNBT.Selain belajar soal UTBK-SNBT, hal lain yang perlu diketahui adalah sistem penilaian. Seperti apa? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Sistem Penilaian UTBK SNBT 2024


Mengutip penjelasan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, pelaksanaan UTBK akan melakukan penilaian menggunakan sistem Item Response Theory (IRT) yakni teori yang menggunakan fungsi matematika untuk menghubungkan antara peluang menjawab benar suatu skala dengan kemampuan siswa.

"Setiap soal memiliki bobot masing-masing, tergantung jawaban dari seluruh peserta atau populasi," demikian bunyi pernyataan resmi panitia SNPMB 2024 yang dilansir dari laman resmi Universitas Indonesia



Apabila ada soal SNBT UTBK banyak dijawab benar oleh peserta, maka bobotnya rendah, tetapi kalau soal tersebut hanya dijawab benar oleh sedikit orang, maka bobotnya tinggi. Selain itu, tidak ada sistem minus atau pengurangan nilai jika ada jawabannya salah maka, lebih baik jika menjawab semua soal.

Secara umum terdapat tiga bentuk soal yang ditampilkan dalam UTBK SNBT tahun 2024, yaitu: Soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban (A, B, C, D, E) Soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban dan soal melengkapi rumpang (soal isian).

Adapun soal-soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 195 menit atau 3 jam 15 menit. Latihan soal-soal UTBK SNBT bisa diakses melalui laman https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/, pada laman tersebut ada gambaran model tipe tes dan contoh soal.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)