Rayakan Dies Natalis ke-26, ITPLN Bertekad Jadi Kampus Kelas Dunia

Selasa, 09 April 2024 - 11:10 WIB
loading...
Rayakan Dies Natalis ke-26, ITPLN Bertekad Jadi Kampus Kelas Dunia
Memperingati hari jadi (Dies Natalis) ke-26 yang jatuh 1 April 2024, Institut Teknologi PLN (ITPLN) bertekad menjadi kampus kelas dunia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memperingati hari jadi ( Dies Natalis ) ke-26 yang jatuh 1 April 2024, Institut Teknologi PLN (ITPLN) bertekad menjadi kampus kelas dunia. Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT menegaskan tujuan pembangunan kampus ITPLN yaitu membentuk wadah bagi para pakar PLN untuk mentransfer ilmunya kepada generasi penerus bangsa.

“Artinya ini mengandung maksud tekad dan keinginan kuat dari para sivitas akademika untuk menjadikan ITPLN perguruan tinggi berkelas dunia dalam tempo lebih cepat,” kata Rektor dalam peringatan Dies Natalis ITPLN ke-26 yang mengangkat tema ‘26th Years ITPLN, Accelaration Becoming World Class University’ dalam siaran persnya, Senin (8/4/2024).

ITPLN kini tengah mengalami perkembang signifikan. Sejak didirikan di tanggal yang sama tahun 1998 lalu, kampus yang berlokasi di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat ini awalnya hanya memiliki enam prodi yaitu Sarjana Teknik Elektro, Sarjana Teknik Mesin, Sarjana Teknik Sipil, Sarjana Teknik Informatika, Diploma III Teknik Mesin dan Diploma III Teknik Elektro.



Kampus yang di bawah koordinasi Yayasan Pendidikan dan Kejahteraan PLN (YPK PLN), sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang baik ini kemudian berkembang.

Peringatan Dies Natalis ITPLN ke-26 dimeriahkan oleh serangkaian acara di antaranya seminar dan orasi ilmiah, olimpiade sains, bakti sosial, berbagai perlombaan olah raga dan lomba media sosial. Termasuk melaunching visi dan misi yang baru.

Visi baru ITPLN adalah Menjadi Perguruan Tinggi yang Berkelas Internasional serta Unggul di Bidang Energi dan Penerapan Teknologi yang Berwawasan Lingkungan. “Kami juga mengimplementasi Whistle Blower System (WBS) melalui kanal WBS dan English Conversation for Management,” tambah Rektor.

Sehingga, lanjut Prof Iwa, rencana tahun depan agar ITPLN menerapkan dwi Bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kian terwujud. Bahkan sebagai langkah awal, percakapan melalui WA grup kampus diterapkan menggunakan Bahasa Inggris. “Terakhir kami juga melakukan soft launching buku kumpulan pantun ITPLN,” tambahnya.

Terlepas itu, ITPLN telah berkembang menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan dan riset di bidang energi. Untuk mempercepat hal itu, ITPLN telah menghadirkan beberapa program dan kerja sama yaitu Guest Lecture (mendatangkan Professor dari universitas luar negeri), E-Mobility (Mahasiswa ITPLN melakukan kunjungan dan belajar ke perguruan tinggi luar negeri), Sandwich Program (3 Tahun kuliah di ITPLN dan 1 tahun di Auckland University), kerja sama dengan pihak luar untuk memfasilitasi program magang dan juga lulusan ITPLN untuk bekerja di luar negeri dan masih banyak lagi.

“Mari kita gunakan momentum Dies Natalis ini untuk menguatkan tekad dan komitmen kita dalam menghadapi tantangan yang ada” tutupnya sembari menjelaskan kini telah ada 4 Fakultas dan 17 Prodi di ITPLN.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)