Mau Kuliah Gratis dan Jadi PNS? Daftar ke Kampus Milik 8 Instansi Ini Saja

Jum'at, 12 April 2024 - 11:30 WIB
loading...
Mau Kuliah Gratis dan Jadi PNS? Daftar ke Kampus Milik 8 Instansi Ini Saja
Bisa kuliah gratis dan lulus langsung jadi PNS adalah impian banyak orang. Foto/Dok/Poltekim.
A A A
JAKARTA - Bisa kuliah gratis dan lulus langsung jadi calon PNS adalah impian banyak orang. 8 instansi pemerintah ini bisa menjadi peluang buat para lulusan SMA yang mau lanjut studi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas sebelumnya mengatakan pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK akan dibuka April 2024.

Namun hal ini semua juga tergantung dengan kesiapan verifikasi formasi dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Selain itu juga menunggu verifikasi untuk penempatan CPNS di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Syarat Terbaru Daftar Politeknik Siber dan Sandi Negara 2024, Apa Saja?

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan mencapai 2,3 juta formasi. pada instansi pusat sebanyak 429.183 yang terdiri atas 207.247 CPNS dan 221.936 bagi PPPK.

Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Sedangkan alokasi untuk sekolah kedinasan, tahun ini pemerintah membuka 6.027 formasi.

Kuliah Gratis dan Jadi Calon PNS


Selain formasi pengangkatan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis, pemerintah juga akan membuka alokasi untuk sekolah kedinasan.

Formasi sekolah kedinasan merupakan rekrutmen bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi kedinasan yang berada pada naungan kementerian dan lembaga.

Baca juga: Adakah Biaya Pendidikan di Sekolah Kedinasan? Cek Ini untuk Jadi Calon PNS

Mengutip laman Kemenpan RB, terdapat delapan instansi pemerintah pusah yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini.

Delapan instansi tersebut yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Delapan instansi ini menaungi sekolah kedinasan masing-masing. Berikut ini daftarnya.

1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM)


Sekolah kedinasan milik Kemenkumham adalah Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip).

2. Kementerian Keuangan (Kemenkeu)


Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN adalah satu-satunya sekolah kedinasan milik Kemenkeu dan kampusnya berada di wilayah Tangerang Selatan.

3. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)


Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sekolah kedinasan milik Kemendagri. Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai PNS di berbagai instansi pemerintahan, ini pilihan yang cocok untukmu.

4. Badan Intelijen Negara (BIN)


BIN memiliki sekolah kedinasan bernama Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang dengan pola kuliah gratis akan menghasilkan lulusan menjadi Indonesian Cyber Task Force dan ahli dalam bidang biomedical hazard.

5. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)


BSSN memiliki Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) yang lulusannya akan diangkat menjadi CPNS yang ahli di bidang keamanan siber dan persandian.

6. Badan Pusat Statistik (BPS)


Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) adalah sekolah kedinasan milik BPS yang penempatannya akan disesuaikan dengan pilihan formasi penempatan pada saat pendaftaran.

7. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)


Kemenhub memiliki 22 sekolah kedinasan. Kalian tidak perlu pusing lagi mencari pekerjaan karena setelah lulus akan diangkat jadi CPNS.

8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)


BMKG mempunyai Sekolah Tinggi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) yang selepas lulus mahasiswanya akan menjadi calon PNS dengan penempatan di seluruh wilayah Indonesia.

Demikian tadi 8 instansi yang membuka formasi sekolah kedinasan , kuliah gratis dan lulusannya diangkat menjadi calon PNS. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)