Mau Kuliah di STIN? Daftar Saja di Jalur Talent Scouting, Ini Syaratnya

Sabtu, 13 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
Mau Kuliah di STIN? Daftar Saja di Jalur Talent Scouting, Ini Syaratnya
Bagi kamu yang berminat mendaftar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 2024, selain jalur umum juga bisa mendaftar melalui jalur Talent Scouting. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini syarat mendaftar di STIN lewat jalur talent scounting. Bagi kamu yang berminat mendaftar di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 2024, selain jalur umum juga bisa mendaftar melalui jalur khusus yaitu Jalur Talent Scouting. Apa syaratnya? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Kriteria Khusus Jalur Talent Scouting Daftar STIN 2024


1. Cerdas Istimewa


Kriteria ini dikhususkan peserta yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Kriteria ini diukur dari tes psikotes yang dilakukan oleh peserta itu sendiri. Persyaratan khusus yang harus dimiliki yaitu skor tes IQ minimal 120, serta nilai rata-rata rapor minimal 85,00.

2. Prestasi Olimpiade


Kriteria ini dikhususkan untuk peserta yang memiliki prestasi akademis bidang sains atau keilmuan tingkat nasional maupun internasional.

Persyaratan khusus yang harus dimiliki adalah skor tes IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 85,00, dan juara olimpiade tingkat nasional/internasional.

3. Keahlian IT


Kriteria ini untuk peserta yang memiliki keterampilan di bidang IT, mencakup bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan, dan Multimedia. Persyaratan khusus kriteria ini adalah Skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan sertifikat IT.


4. Keahlian Bahasa


Kriteria ini dikhususkan untuk peserta yang memiliki keterampilan bahasa asing. Seperti, TOEFL minimal 500, Jerman (Level B), Arab (Al-Mutawasittah), Korea (topik II), Mandarin (HSK menengah), dan Rusia (Level 1). Persyaratan khusus yaitu, Skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, sertifikat hasil Uji Kemampuan Bahasa.

5. Keahlian Beladiri


Kriteria ini untuk peserta yang memiliki keterampilan seperti, pencak silat, karate, judo, taekwondo, jujitsu, wushu, kempo, dan beladiri lainnya. Persyaratan khusus yaitu, Skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan minimum sabuk hitam atau setara.

6. Paskibraka


Kriteria ini untuk peserta yang tergabung dalam kelompok Paskibra minimal tingkat Provinsi. Persyaratan khusus yaitu, Skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan surat keterangan anggota Paskibraka.

7. Pramuka


Kriteria ini untuk peserta yang menjadi anggota Pramuka yang pernah mengikuti Raimuna Nasional dan atau pernah menjuarai lomba Kepramukaan tingkat nasional. Persyaratan khusus yaitu, Skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan sertifikat Raimuna atau juara lomba Kepramukaan.

8. Ketokohan


Kriteria ini untuk peserta yang merupakan keturunan langsung dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh daerah, tokoh politik, maupun tokoh nasional yang berperan penting dan memiliki pengaruh besar dalam masyarakat.

Persyaratan khusus yaitu, Skor IQ minimal 110, nilai rata-rata rapor 80,00, dan garis keturunan ketokohan ditentukan berdasarkan adat daerah setempat, baik patrilineal atau matrilineal sampai pada garis keturunan kedua atau cucu.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)