Selain HP, Ini Daftar Barang yang Dilarang Dibawa Peserta UTBK SNBT 2024

Minggu, 14 April 2024 - 11:30 WIB
loading...
Selain HP, Ini Daftar Barang yang Dilarang Dibawa Peserta UTBK SNBT 2024
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan digelar mulai akhir April hingga pertengahan Mei 2024. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) akan digelar mulai akhir April hinga pertengahan Mei 2024. Tata tertib selama mengikuti ujian pun perlu diketahui para peserta.

UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( UTBK SNBT) 2024 akan digelar dalam dua gelombang di puluhan pusat UTBK di yang berlokasi di universitas negeri di penjuru Indonesia.

UTBK akan menguji peserta dengan tiga tes. Ada Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Baca juga: Outfit yang Direkomendasikan bagi Peserta UTBK SNBT 2024, Boleh Pakai Kaos?

Kemudian tes literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang akan Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas.

Kemudian tes penalaran matematika untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks.

Pusat UTBK Bersiap


Setidaknya ada 74 Pusat UTBK, 12 Sub Pusat UTBK, dan di antara itu ada 51 pusat yang menyediakan layanan untuk peserta ujian tunanetra.

Pusat UTBK pun sudah bersiap. Misalnya Pusat UTBK Unpad sudah menyiapkan dua lokasi ujian yakni di kampus Unpad Jatinangor dengan kapasitas 525 peserta per sesi dan di kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan kapasitas 400 orang per sesi.

Baca juga: Mau Mudah Masuk PTN? Pelajari Tips Lolos Masuk UI Jalur UTBK-SNBT Berikut Ini

Untuk mengantisipasi berbagai bentuk kecurangan peserta, pusat UTBK Unpad menyiapkan tenaga keamanan putra dan putri untuk melakukan body checking ke seluruh peserta.

Tata Tertib Peserta UTBK 2024


Agar tidak kebingungan mencari ruang ujian dan lokasi, peserta memang diimbau untuk cek ke lokasi minimal sehari sebelumnya
agar mengetahui di mana ruang ujiannya.

Apalagi peserta juga tidak boleh datang terlambat dan 30 menit sebelum ujian harus sudah ada di lokasi. Peserta yang datang terlambat dengan alasan apa pun sejak waktu tes dimulai tidak diperbolehkan mengikuti ujian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3106 seconds (0.1#10.140)