7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa Baru, Bukan Hanya KIP Kuliah!

Selasa, 16 April 2024 - 14:47 WIB
loading...
7 Rekomendasi Beasiswa untuk Mahasiswa Baru, Bukan Hanya KIP Kuliah!
Beasiswa untuk mahasiswa baru ini bisa menjadi panduan untuk lanjut kuliah. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - 7 beasiswa kuliah untuk mahasiswa baru ini bisa menjadi panduan bagi mahasiswa tidak mampu untuk bisa mendapat bantuan biaya pendidikan hingga lulus.

Dalam upaya memperluas akses pendidikan tinggi bagi semua kalangan, berbagai institusi pendidikan dan lembaga di seluruh dunia memberikan beasiswa kuliah untuk pelajar.

Beasiswa-beasiswa ini tidak hanya bertujuan untuk meringankan beban biaya pendidikan, tetapi juga memberikan kesempatan emas bagi individu-individu berbakat untuk mengejar impian akademis mereka.

Baca juga: 6 PTN yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur Khusus Hafidz Alquran, Ada IPB, UI hingga UGM

Tidak hanya lembaga-lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan beasiswa, tetapi juga perusahaan-perusahaan besar dan organisasi non-profit.

Baca juga: 40 Kampus dengan Pelamar KIP Kuliah Lulus Terbanyak di SNBP 2024

Mereka memberikan dukungan keuangan bagi siswa-siswa yang berprestasi untuk menempuh pendidikan tinggi dalam bidang-bidang yang relevan dengan misi dan visi mereka.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 7 rekomendasi beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa baru.

7 Beasiswa untuk Mahasiswa Baru 2024

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah


Ini adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan Kemendikbudristek kepada seluruh mahasiswa baru yang diterima di perguruan tinggi negeri dan swasta di berbagai jalur penerimaan.

2. Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)


KJMU adalah bantuan biaya kuliah yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta bagi mahasiswa yang berdomisili di Jakarta yang kuliah di sejumlah kampus mitra baik itu negeri maupun swasta.

Mahasiswa penerima beasiswa KJMU akan berhak mendapat dana bantuan sebesar Rp1,5 juta per bulan atau Rp9 juta per semesternya.

3. Beasiswa Unggulan


Beasiswa yang juga disalurkan oleh Kemendikbudristek ini juga menyediakan Beasiswa Unggulan untuk melanjutkan kuliah S1. Kategori beasiswa untuk mahasiswa baru ada di Beasiswa Masyarakat Berprestasi.

4. Jabar Future Leadership Scholarship (JFLS)


Beasiswa khusus dari Pemprov Jawa Barat ini memberikan bantuan biaya pendidikan kepada masyarakat Jabar yang kuliah D3 hingga S3 dengan prestasi akademik dan non akademik.

5. Beasiswa APERTI BUMN


Bagi kamu yang mau lulus bekerja di perusahaan pelat merah usai lulus kuliah maka daftar saja di beasiswa APERTI BUMN.

Pilihan kampusnya seperti di Telkom University, niversitas Pertamina (UP), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Poltek POS, Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute), dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

6. Beasiswa Generasi Baru


Beasiswa Generasi Baru Indonesia atau GenBI adalah program beasiswa dari Bank Indonesia untuk kuliah di 9 PTN, seperti IPB University, Unair, Unhas, UI, Unpad,

7. Beasiswa Kepemimpinan Teladan


Ini adalah beasiswa yang diberikan pihak swasta untuk mahasiswa yang sudah resmi dinyatakan lulus oleh perguruan tinggi mitra program Teladan.

Beasiswa dari Tanoto Foundation ini akan memberikan dukungan biaya kuliah dan tunjangan hidup, sponsorship untuk kegiatan lain, magang, hingga kesempatan memperluas jaringan internasional.

Demikian 7 program beasiswa kuliah yang bisa didapatkan oleh mahasiswa baru. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3438 seconds (0.1#10.140)