QS World University Ranking 2024: UIN Jakarta Setara Universitas Kelas Dunia

Selasa, 16 April 2024 - 19:11 WIB
loading...
QS World University Ranking 2024: UIN Jakarta Setara Universitas Kelas Dunia
UIN Jakarta) berhasil mencatatkan prestasi dunia dengan menempati ranking 101-140 internasional pada pemeringkatan QS World University Ranking (WUR) 2024 di klaster Theology, Divinity, & Religious Studies. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) berhasil mencatatkan prestasi dunia dengan menempati ranking 101-140 internasional pada pemeringkatan QS World University Ranking (WUR) 2024 di klaster Theology, Divinity, & Religious Studies.

Prestasi ini menempatkan UIN Jakarta sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang masuk dalam pemeringkatan QS World University Ranking 2024.

Data yang dirilis QS World University Rankings by Subject 2024: Theology, Divinity, & Religious Studies dan diakses Senin (15/4/2024), menyebutkan perolehan ranking 101-140 pada subjek terkait didasarkan pada empat indikator penilaian. Keempatnya yaitu academic reputation (52.9), citations per paper (89.3), employer reputation (48), dan H-index citations (74.7).

Dengan perolehan ranking tersebut, UIN Jakarta kini berdiri sejajar dengan banyak universitas kelas dunia dari berbagai kawasan seperti University of Freiburg Jerman, Cornell University, Goethe-University Frankfurt am Main, Seoul National University, dan Universität Leipzig. Diketahui, berbagai universitas ini memiliki tradisi akademik yang sangat mapan sejak pendiriannya masing-masing.

University of Freiburg Jerman, misalnya, merupakan satu dari 10 universitas terbaik di Jerman sejak dibangun tahun 1457. Begitu juga Goethe-University Frankfurt am Main yang berdiri sejak 1914 dan dikembangkan dengan cita-cita pencerahan Eropa dan perlawanan terhadap rasisme. Pun halnya Cornell University yang mengembangkan tradisi akademiknya sejak berdiri tahun 1865 di Ithaca, New York, AS.



Dari dalam negeri, hanya Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yang membersamai UIN Jakarta dalam perankingan tersebut di mana masing-masing menempati posisi ke-61 dan 130 dunia. Sedang UIN Jakarta menempati posisi ke-122 sekaligus satu-satunya PTKIN yang masuk dalam pemeringkatan.

Atas raihan ini, pimpinan dan sivitas akademi UIN Jakarta menyampaikan syukur dan apresiasi tinggi atas kerja keras seluruh elemen sehingga berbagai aspek yang menjadi indikator perankingan terpenuhi.

“Syukur Alhamdulillah pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriyah ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masuk ke dalam peringkat QS World University Rankings 2024 pada subjek Theology, Divinity, & Religious Studies,” ujar Rektor UIN Jakarta, Prof Asep Saepudin Jahar dalam keterangan resminya, Selasa (16/4/2024).

Apresiasi yang sama disampaikan Rektor Asep Jahar kepada pimpinan di Kementerian Agama RI sehingga UIN Jakarta bisa mewakili kelompok PTKIN dalam perankingan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)