Mau Mudah Kuliah di Kampus Negeri? 12 PTN Ini Punya Jalur Mandiri Tanpa Tes

Jum'at, 26 April 2024 - 10:59 WIB
loading...
Mau Mudah Kuliah di Kampus Negeri? 12 PTN Ini Punya Jalur Mandiri Tanpa Tes
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi salah satu PTN yang membuka jjalur Mandiri tanpa tes. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 12 PTN yang membuka jalur mandiri tanpa tes. Selain SNBP dan UTBK-SNBT, untuk jalur masuk perguruan tinggi negeri juga ada yang dinamakan jalur Mandiri. Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setiap tahun membuka jalur mandiri tanpa tes

Jalur mandiri tanpa tes umumnya tidak mensyaratkan siswa SMA, SMK, MA melewati tes wawancara, psikotes, maupun tes tulis berbasis komputer. Lalu PTN mana saja yang membuka jalur mandiri tanpa tes? Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 12 PTN yang punya jalur mandiri tanpa tes, simak ya!

12 PTN yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes


1. Universitas Indonesia (UI)


Jalur mandiri di UI tanpa tes yang dibuka ialah Seleksi Jalur Prestasi (SJP). Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi/pemenang lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Sains (Ipteks), olahraga, dan seni di tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat di Sekolah SMA dalam waktu maksimal 3 tahun terakhir.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada (UGM) ternyata juga memiliki jalur mandiri tanpa tes yang bisa kamu ikuti. Yakni Jalur Penelusuran Bibit Unggul bagi semua siswa-siswi yang berprestasi di SMA atau SMK.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB University)


IPB punya beberapa jalur yang tak mensyaratkan tes tulis bagi peserta. Pertama jalur Ketua OSIS, kedua adalah Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

4. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)


Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB Mandiri Non Ujian Tulis Berbasis Komputer diperuntukkan bagi pendaftar Program Sarjana Kelas Internasional dan Program Diploma.

Jalur seleksi SPMB Mandiri Non UTBK menggunakan komponen seleksi sebagai berikut:

· Nilai raport SMA/SMK/MA atau sederajat (semester 1 s.d. 6),

· Prestasi kejuaraan bidang akademik dan atau non akademik (termasuk prestasi olahraga, seni dan keagamaan)

· Pengalaman keorganisasian dan atau kepanitiaan di dalam sekolah dan luar sekolah

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)


UNS punya dia jalur mandiri tanpa tes. Pertama Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) untuk siswa SMA, SMK, MA, yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu periode.



Lalu Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non akademik (bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya).

6. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)


Unesa punya 11 jalur prestasi tanpa tes. Salah satunya, Jalur Prestasi Kepemimpinan bagi siswa yang pernah menjadi ketua atau sekretaris OSIS.

7. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Siswa bisa mencoba Jalur Seleksi Mandiri Rapor, Jalur Prestasi S1 jika ingin masuk Unnes.

8. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY punya beberapa jalur tanpa tes seperti Jalur SM S1 Prestasi Akademik, Jalur SM S1 Prestasi Unggul, dan beberapa jalur lainnya.

9. Universitas Brawijaya (UB)


UB punya Seleksi Mandiri UB Jalur Rapor bagi siswa yang berprestasi secara akademik dan non akademik.

10. Universitas Airlangga (Unair)


Unair memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk berkuliah melalui jalur Golden Ticket. Selain itu, peserta berprestasi di bidang organisasi seperti ketua OSIS dan penghafal kitab suci yang diakui di Indonesia juga dapat mendeklarasikan prestasinya dengan mengikuti pemilihan Golden Ticket.

11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


Setiap tahun ITS membuka jalur golden ticket bagi siswa berprestasi untuk masuk S1 Desain Produk Industri tanpa harus tes tulis.

12. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Ada Jalur Mandiri di Universitas Hasanuddin meliputi Jalur Ketua Osis, POSK (Prestasi Olahraga, Seni, dan Keilmuan), yang bisa dicoba siswa SMA, SMK, MA.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)