Arif Muazam Jadi Lulusan Tercepat S2 UGM, 1 Tahun 0 Bulan

Jum'at, 26 April 2024 - 14:54 WIB
loading...
Arif Muazam Jadi Lulusan Tercepat S2 UGM, 1 Tahun 0 Bulan
Arif Muazam menjadi lulusan tercepat program S2 UGM pada wisuda pascasarjana yang digelar Rabu (24/2/2024). Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Arif Muazam menjadi lulusan tercepat program S2 UGM pada wisuda pascasarjana yang digelar Rabu (24/2/2024). Pria berusia 39 tahun itu merupakan lulusan Magister Biologi, Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lulusan S1 Fakultas Pertanian UGM itu mencatatkan prestasi sebagai lulusan tercepat program magister UGM dalam waktu 1 tahun 0 bulan saja.

Namanya menggema sebagai peraih gelar S2 tercepat setelah rampung mempertahankan tesisnya yang berjudul Identifikasi Tanaman Morfologis dan Stabilitas Hasil Beberapa Genotip Tanaman Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) di Gunungkidul DIY.

Baca juga: Sosok Raden Farhan, Wisudawan Terbaik S1 Unpad yang Lulus Kuliah 3,5 Tahun

Pada wisuda program pascasarjana yang digelar di Grha Sabha Pramana, Arif menjalani prosesi sakral wisuda bersama dengan 1.387 mahasiswa yang dinyatakan lulus S2, S3, dan profesi di UGM.

Kesuksesan lelaki yang lahir di Gunungkidul, 5 September 1984 ini sebagai lulusan tercepat bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk diraih, namun juga bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Selain strategi persiapan matang sebelum kuliah, Arif selalu mengedepankan aspek tekad dan hati yang ikhlas selama proses belajar.

Baca juga: Lulus Tanpa Skripsi dan KKN, Dewi Jadi Lulusan Tercepat UNY dengan IPK 3,85

“Niat kuliah dan bekerja ikhlas mencari rida Tuhan yang Maha Esa, rajin belajar, dan rajin ibadah,” ungkap Arif, dikutip dari laman UGM, Jumat (26/4/2024).

Dia mengungkapkan, sebelum lulus menjadi sarjana pertanian UGM ia memang sudah bertekad untuk memperdalami perspektif biologi di tanaman pangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4241 seconds (0.1#10.140)