4 Perbedaan Mendasar Sekolah Kedinasan dengan Perguruan Tinggi Reguler

Sabtu, 27 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
4 Perbedaan Mendasar Sekolah Kedinasan dengan Perguruan Tinggi Reguler
Setidaknya ada 4 perbedaan mendasar antara perguruan tinggi reguler dengan Sekolah Kedinasan, salah satunya dalam hal instansi yang menaungi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan mendasar antara Sekolah Kedinasan dengan perguruan tinggi regular yang perlu diketahui. Saat ini masih banyak orang yang menyamakan antara perguruan tinggi dengan Sekolah Kedinasan. Padahal jika dicermati, ada sejumlah perbedaan antara Sekolah Kedinasan dan perguruan tinggi regular. Apa saja? Mengutip akun Instagram @studikedinasan.id, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

4 Perbedaan Mendasar Sekolah Kedinasan vs Perguruan Tinggi Reguler


1. Instansi yang Menaungi


Berbeda dengan perguruan tinggi atau universitas pada umumnya yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sekolah Kedinasan dikelola oleh instansi terkait.

Misalnya, Sekolah kedinasan PKN STAN berada di bawah instansi Kementerian Keuangan, STIN dibawah Badan Intelijen atau STIS yang berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik.

2. Biaya Pendidikan


Selain instansi yang menaungi, perbedaan selanjutnya antara sekolah kedinasan dengan perguruan tinggi reguler adalah pada Biaya Pendidikan.

Jika biaya kuliah di perguruan tinggi menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa, sebagian besar biaya kuliah di sekolah kedinasan ditanggung instansi yang menaungi.


3. Dunia Perkuliahan


Ini 4 perbedaan selanjutnya antara sekolah kedinasan dengan perguruan tinggi reguler adalah pada aspek Dunia Perkuliahan. Berbeda dengan perguruan tinggi reguler yang cenderung serius tapi santai, sekolah kedinasan menekankan pada aspek kedisiplinan dalam perkuliahan

Saat perguruan tinggi reguler tidak mengharuskan tampil dengan seragam, sekolah kedinasan justru sebaliknya. Karena itu, salah satu prasyarat yang ditetapkan sekolah kedinasan juga cenderung berbeda dengan perguruan tinggi atau universitas pada umumnya.

4. Soal Privilege Atau Keleluasaan


Adapun perbedaan mendasar selanjutnya yang menjadi pembeda antara sekolah kedinasan dengan perguruan tinggi reguler adalah pada aspek Privilege atau Keleluasaan.

Umumnya perguruan tinggi memberikan beasiswa hanya bagi mahasiswa yang dianggap memenuhi sejumlah persyaratan, baik akademik maupun teknik.

Sementara di beberapa sekolah kedinasan, justru diberikan keleluasaan berupa pemberian uang saku setiap bulan kepada seluruh mahasiswanya. Sejumlah sekolah kedinasan juga memberikan layanan atau fasilitas secara cuma-cuma berupa asrama kepada para mahasiswanya, sementara di perguruan tinggi tidak ada.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)