Kemendikbudristek Dukung Kemitraan Strategis Pendidikan Vokasi dengan Industri

Jum'at, 26 April 2024 - 23:22 WIB
loading...
Kemendikbudristek Dukung Kemitraan Strategis Pendidikan Vokasi dengan Industri
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati pada Business Matching 2024 Indonesia Education-China Industri. Foto/YouTube MItrasdudi Kemdikbud.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek terus mendorong pendidikan vokasi untuk semakin relevan dengan kebutuhan dunia industri. Kemitraan strategis antara keduanya pun perlu dibangun.

Salah satunya melalui kegiatan Business Matching 2024 Indonesia Education-China Industri Talk yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kemendikbudristek berkolaborasi dengan GoStudy, sebanyak 31 industri investasi dari China di Indonesia berhasil didatangkan untuk menginisiasi kemitraan dengan 77 pendidikan tinggi vokasi yang menjadi partisipan kegiatan.

Potensi kerja sama yang dilakukan oleh kedua belah pihak meliputi rekrutmen lulusan, kesempatan magang, up skilling, joint research, dan lain sebagainya.

Baca juga: Antisipasi Perubahan iklim, Program API Sarpras PTV Sasar 12 Perguruan Tinggi Vokasi

Pada penyelenggaraan business matching kali ini, perguruan tinggi vokasi yang hadir perlu berupaya meyakinkan industri untuk sama-sama memiliki itikad baik untuk bermitra lebih lanjut, yaitu melalui penandatanganan letter if intent.

Dalam kurun waktu 1,5 jam, total terdapat 160 letter of intent yang berarti menunjukkan jumlah potensi kerja sama yang nanti bisa ditindaklanjuti dalam bentuk MoU/PKS.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kemendikbudristek, Uuf Brajawidagda mengatakan, business matching diselenggarakan sebagai salah satu ikhtiar mencari ruang kelas baru, yaitu di industri itu sendiri. Menurutnya, baik industri maupun satuan pendidikan vokasi pertama harus mau saling terbuka untuk dapat berkolaborasi.

Baca juga: Menuju Green Campus, Kemendikbud Luncurkan Program API Sarpras PTV

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati menjelaskan, pendidikan vokasi dibangun untuk relevan dengan kebutuhan industri.

Kiki mengakui masih terjadi beberapa tantangan yang dialami satuan pendidikan vokasi dalam bermitra dengan DUDI. Ia menyebut, biasanya hal ini terjadi disebabkan oleh kekurangpahaman pendidikan vokasi terhadap calon mitranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)